Honda

Kapolda Sumsel Tinjau Karhutla di OKI dan Ogan Ilir, Ini Temuannya

Kapolda Sumsel Tinjau Karhutla di OKI dan Ogan Ilir, Ini Temuannya

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK saat berdialog dengan sejumlah unsur yang terkait dalam upaya pemadaman Karhutla di OKI dan OI-Humas Polda Sumsel-

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Kembali Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK bersama Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP M Si M Tr (Han) memantau situasi kebakaran lahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu 30 September 2023.  

Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Drs Supriadi MM. 

"Benar bapak Kapolda Sumsel kembali memantau secara langsung kebakaran lahan di OKI dan OI," ujarnya, Ahad 1 Oktober 2023.  

Kombes Pol Supriadi mengatakan, dari pengecekan Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK ditemukan banyak titik api dirute yang di lewati.

BACA JUGA:Oktober KPM Full Bahagia, Ada 7 Bansos Siap Cair Mulai Besok, Ada Bansos Baru?

Bahkan sesuai pantauan satelit Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), terutama di daerah Tulung Selapan, Jungkal hingga Tanjung Raja. 

"Dari beberapa kali patroli udara yang Bapak Kapolda Sumsel lakukan secara langsung, kita meyakini bahwa kebakaran ini disebabkan oleh peladang yang membuka lahan dengan cara membakar," jelasnya. 

Cara ini memang mudah dan murah, menurut dia, namun perlu kesadaran bahwa perbuatan ini membuat orang lain menderita karena iritasi mata (pedih).

Kemudian infeksi saluran pernapasan, dengan gejala sesak napas dan batuk, serta bisa berakibat kematian bagi penderita penyakit tertentu. 

BACA JUGA:Siap Kembali ke Jalan! Isuzu Panther Reborn 2023, Cocok Buat Ajak Istri dan Anak Liburan ke Tempat Wisata

Bahkan arah angin yang cenderung datang dari arah Tenggara menuju Barat laut, membawa asap dari Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir ke arah Kota Palembang yang berpenduduk 1,7 juta jiwa. 

"Sebagai umat manusia yang bersifat sosial, kita tidak boleh memikirkan diri sendiri dan mengabaikan kepentingan orang lain," ucap mantan Kapolda Jambi 

Beberapa kendala petugas di lapangan, antara lain sulitnya akses jalan untuk mencapai lokasi api, minimnya peralatan serta ketersediaan air. 

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir telah mengalokasikan anggaran, guna memenuhi keterbatasan ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas polda sumsel