Honda

Kabut Asap Kian Parah, Ini Pesan Kapolda Sumsel kepada Personelnya

Kabut Asap Kian Parah, Ini Pesan Kapolda Sumsel kepada Personelnya

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK memberi pengarahan pada personelnya saat memimpikan apel pagi di Mapolda Sumsel, Senin 2 Oktober 2023. -Humas Polda Sumsel-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) mengimbau untuk personel menjaga kesehatan. 

Khususnya, di tengah kondisi kabut asap yang terjadi di wilayah Sumsel. 

Hal ini disampaukan Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK kepada personel saat memimpikan apel pagi di Mapolda Sumsel, Senin 2 Oktober 2023.  

"Wilayah kita saat ini cuacanya sedang tidak sehat, sehingga saya mengimbau kepada personel untuk menggunakan masker. 

BACA JUGA:5 Mobil Murah yang Bisa Bikin Kamu Males Ganti Mobil Lagi

Saat berada di lapangan menjalankan tugas," ujarnya. 

Ia menuturkan, bahwa peristiwa ini terjadi akibat adanya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di sejumlah Kabupaten, khususnya Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir (OKI). 

"Kita menilai penyebab karhutla di wilayah kita ini bukan karena faktor alam, tapi perorangan yang hendak melakukan pembukaan lahan dengan biaya murah," jelasnya. 

Sehingga perorangan ini menempuhnya dengan cara membakar lahan, yang akibatnya seperti sekarang ini yang Sumsel diselimuti kabut asap. 

BACA JUGA:Oktober KPM Full Bahagia, Ada 7 Bansos Siap Cair Mulai Besok, Ada Bansos Baru?

Asap belakangan asap melanda Kota Palembang, karena diterbangkan angin dari barat daya ke timur laut, yakni beberapa wilayah di Ogan Ilir yang tinggi potensi karhutlanya. 

Sehingga untuk itu, pihaknya meminta anggotanya memperhatikan kesehatan hingga menggunakan masker saat melakukan pekerjaan di lapangan. 

Ditambahkannya, dalam melakukan pencegahan terhadap karhutla, berbagai antisipasi dari Polri secara dini telah dilakukan.

Baik dengan cara pemberian maklumat, pemasangan spanduk, maupun penyuluhan, imbuan serta sosialisasi larangan membakar hutan dan lahan kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas polda sumsel