Honda

Kades di OKI Diminta Pro Aktif Tanggulangi Karhutlah

Kades di OKI Diminta Pro Aktif Tanggulangi Karhutlah

Rapat kordinasi membahas bahaya karhutlah di wilayah OKI-PALPRES.COM-

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutlah, jadi peristiwa yang serius ditanggapi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI), agar tida semakin meluas dengan memperkuat sinergitas dimulai dari desa. 

Bupati OKI melalui Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Antonius Leonardo M.Si menyampaikan perlu adanya komitmen dan pandangan yang sama untuk penanganan Karhutlah di wilayah Bumi Bende Seguguk.

"Karhutlah ini bukan hanya terjadi di OKI, tetapi wilayah kita ini memiliki kontribusi besar jika tidak ditanggapi dengan serius. 

Bukan hanya itu, Karhutlah dapat memicu terkena Infeksi Saluranan Pernafasan Atas (ISPA).

BACA JUGA:5 Daerah Teramai di Kalimantan Barat: Herannya Bukan Sambas Juaranya, Malah Kota Ini

Mari kita perkuat sinergitas untuk atasi hal ini," ujar Anton, Selasa 3 Oktober 2023.

Anton menambahkan, pekara Karhutlah tidak sederhana yang kita liat, sejarah mencatat pernah terjadi kunjungan Presiden di Bumi Bende Seguguk ini karena asap.

"Jangan terulang kembali, kalau bisa kunjungan dilakukan atas apresiasi, karena akselerasi penanganan Karhutlah di Ogan Komering Ilir," imbuhnya. 

Sementara itu, Kasubdit 3 Tipidkor Ditreskrimsus, Kompol Wiwin Junianto Supriadi S.IK menyampaikan Karhutlah yang jadi musuh bersama terkhusus para Kepala Desa dapat menjadi aktor penting untuk penanganan Karhutlah ini.

BACA JUGA:Cek ATM Sekarang! Bansos PKH Cair Hari Ini di Daerah Ini, Daerahmu Termasuk?

BACA JUGA:Ditemukan di 9 Negara, Konon Batu Akik Bulu Moyet Memliki Khasiat untuk Memikat Hati Wanita

"Kesadaran mengenai pencegahan kebakaran hutan dan lahan didorong dari desa, dengan mengoptimalkan penggunaan dana desa sesuai dengan prioritas berdasarkan Permendes Nomor 8 tahun 2022," ungkap Wiwin. 

Ia berharap seluruh Kepala Desa dapat bersinergi secara konsisten untuk penanganan Karhutlah di Sumsel, khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir. 

Sementara itu, Kapolres OKI, AKBP Dili Yanto S.IK SH M.H mengatakan, penanganan Karhutlah di OKI ini bergantung pada Partisipasitif-Kolaboratif seluruh aktor yang terlibat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: