Honda

5 Penyebab dan Cara Merawat Daun Tanaman Hias Mostera Menguning, Pertama Jangan Panik, Kedua Ini Perawatannya

5 Penyebab dan Cara Merawat Daun Tanaman Hias Mostera Menguning, Pertama Jangan Panik, Kedua Ini Perawatannya

Penyebab dan cara merawat daun tanaman hias mostera yang menguning--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Monstera menjadi salah satu tanaman hias terpopuler di masa ini, anda dapat melihat tanaman ini bertebaran di media sosial, sehingga membuat anda ingin merawatnya. 

Daun yang menguning menjadi tanda umum adanya salah satu elemen yang tidak seimbang, bisa karena air, pencahayaan, nutrisi atau perlakukan yang kurang tepat, untuk lebih jelasny simak ulasan penyebab Daun monstera jadi menguning.

1. Kelembapan tanah 

Salah satu penyebab daun tanaman hias mostera menguning karena kelembapan tanah yang tidak tepat, bisa jadi karena terlalu banyak air, sebenarnya kamu cukup menyirami monstera ketika bagian atas tanah sekitar 2 sampai 3 inci yang dapat kamu perkirakannya dengan memasukkan jari ke dalam tanah.

BACA JUGA:4 Jenis Mawar Cantik yang Bisa Jadi Koleksi Tanaman Hias Kamu di Rumah, Nomor 2 Paling Indah  

2. Hama dan penyakit

Penyebab lain dari daun monstera menguning karena hama dan penyakit akibat serangga, tanaman rusak akan memperlihatkan daunnya yang menguning, terlebih saat serangga penghisap getah seperti kutu tepung, kutu daun dan tungau laba-laba. 

Hama serangga yang mengganggu tanaman monstera dapat disemprot dengan larutan air sabun atau obat pengusir serangga yang biasanya dijual di toko tanaman. 

3. Campuran tanah yang kurang tepat 

BACA JUGA:7 Cara Mudah Membuat Tanaman Hias Pothos Anda Makin Cantik dan Tumbuh Rimbun

Tanah yang kurang tercampur dengan baik sangat memengaruhi kesehatan tanaman monstera, di mana tanaman hias ini sangat menyukai tanah yang mempunyai sirkulasi yang baik, sehingga aliran udara dan air berjalan dengan lancar menuju akar. 

Sebenarnya anda dapat membeli media tanah yang memang khusus disediakan untuk monstera di toko pertanian, tapi kalau berani untuk mencampur sendiri, anda dapat mencampur tanah dengan aroid, perlit atau kulit batang anggrek kedalam pot monstera untuk memperbaiki kondisi tanah. 

4. Salah mengganti pot

Mengganti Pot dengan cara yang salah juga bisa membuat tanaman monstera jadi stres hingga daunnya menguning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: