Honda

Bahas Soal Karhutla, Pemkab Musi Rawas Gelar Rakor Forkopimda

Bahas Soal Karhutla, Pemkab Musi Rawas Gelar Rakor Forkopimda

Rapat Forkopimda Kabupaten Musi Rawas--

MUSI RAWAS, PALPRES.COM- Sekretaris Daerah Musi Rawas H. Aidil Rusman memimpin Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Musi Rawas Tahun 2023. 

Rapat Forkopimda yang dilaksanakan di Auditorium Pemkab Musi Rawas mengangkat tema "Antisipasi, mitigasi terhadap kebakaran hutan, lahan, dan kebun dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas". 

Turut hadir, Kapolres Musi Rawas AKBP Danu Agus Purnomo, Kajari Lubuklinggau Dr. Riyadi Bayu Kristianto, dan Pabung 0406 Lubuklinggau Mayor Cpm Abdul Wahab. 

Rapat ini juga dihadiri para Kepala OPD Mura, Jajaran Polres Mura, Camat, Kapolsek, Danramil, Kades/Lurah, KPH Mura, Kelompok Tani Peduli Api, Tokoh Adat, serta tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:CEK KTP SEKARANG! 9 Kategori Bisa Dapat 3 BLT Rp 2.400.000, Cair Serentak Oktober Ini 

Dalam Sambutan Bupati Musi Rawas yang dibacakan Sekda, menyampaikan saat ini wilayah Musi Rawas peringkat ketiga Sumsel setelah Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir terkait Karhutla

Ditambahkannya situasi terkini di wilayah Musi Rawas sudah terdampak kebakaran berdasarkan data kejadian lapangan Satpol PP dan Damkar sampai dengan Senin 3 Oktober 2023 berjumal 61 kejadian dengan rincian, 30 Kebakaran rumah, 30 Kebakaran lahan, Kebakaran kebun, Kebakaran kendaraan, Kebakaran Amper listrik dan Kebakaran SPBU. 

Untuk itu, Sekda menyampaikan hal ini menjadi perhatian bersama untuk menanggulanginya dan menjadi fokus dalam pertemuan ini. 

"Kita berharap dengan pertemuan ini akan didapat suatu solusi dan langkah yang harus kita lakukan terkait penanggulangan karhutla," ucap Sekda.

BACA JUGA:Produk UMKM Bakal Banjiri Lippo Mall Lubuklinggau, yuk Catat Momen dan Tanggalnya 

Sekda menambahkan Pemkab Mura mengeluarkan surat edaran ajakan kepada pemerintah dan masyarakat di wilayah Mura untuk Shalat Istisqa. 

Shalat Istisqa, kata dia, akan dilaksanakan pada 6 Oktober 2023 di Halaman Kantor Bupati Musi Rawas, serta diseluruh 14 Kecamatan dan Sekolah-sekolah di Kabupaten Mura. 

"Sesuai arahan Bupati Mura, kita akan melaksanakan Shalat Istisqa di seluruh wilayah Kabupaten Mura. Untuk itu, sudah ada edarannya ke kecamatan dan sekolah," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: