Honda

5 Senjata Tradisional Masyarakat Aceh, Ada Siwah dan Rencong

5 Senjata Tradisional Masyarakat Aceh, Ada Siwah dan Rencong

Senjata tradisional Aceh--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Senjata tradisional digunakan nenek moyang untuk melindungi diri ketika berperang, keperluan berladang atau melawan binatang buas.

Saa ini senjata tradisional telah banyak mengalami pergeseran fungsi baik sebagai pelengkap dalam upacara adat, aksesoris pada pakaian adat atau menjadi souvenir dan benda koleksi. 

Berikut senjata tradisional khas Aceh yang masih ada hingga saat ini, yuk disimak! 

1. Meupucok

BACA JUGA:Ini Rahasia Kecantikan Wanita Jepang, Terbukti Awet Muda dan Menawan 

Meupucok adalah senjata dengan pucuk yang terbuat dari ukuran logam, sementara pada bagian atas gagang senjata terdapat ukiran emas.

Biasanya senjata tradisional ini cuma dipakai sebagian hiasan di acara-acara besar di Aceh seperti acara-acara kesenian atau acara adat masyarakat setempat saja. 

2. Pudoi 

Pudoi adalah senjata tradisional Aceh yang mirip dengan Rencong, perbedaannya adalah pada bagian gagang.

BACA JUGA:4 Tempat Sensasi Makan di Atas Perahu di Palembang, Bonus View Jembatan Ampera!

Di mana gagang pudoi lebih pendek dan lurus, karena bentuk gagangnya yang pendek dan lurus inilah pudai tampak seperti Rencong.

Nama pudoi ini juga diberikan masyarakat Aceh pasalnya istilah ini adalah sebutan untuk segala bentuk yang belum sempurna alias setengah jadi. 

3. Podung

Podung mempunyai bentuk panjang dengan gagang pendek, biasanya senjata tradisional ini dipakai sebagai pelengkap dalam suatu pertarungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: