Honda

Pastikan Pemilu Serentak 2024 Berjalan Lancar, Ini yang Dilakukan Ditpamobvit Polda Sumsel

Pastikan Pemilu Serentak 2024 Berjalan Lancar, Ini yang Dilakukan Ditpamobvit Polda Sumsel

Kasubdit Waster Ditpamobvit Polda Sumsel, AKBP Edi Nugroho dan tim didampingi Ketua serta Sekretaris KPU memantau kesiapan pengamanan menjelang pemilu serentak 2024--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Sumetara Selatan (Sumsel) melakukan supervisi dan risk assesement disejumlah KPU dan Bawaslu di wilayah Sumsel dalam rangka memastikan keamanan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024.

Di mana kegiatan supervisi dan risk assesesment tersebut dibagi menjadi tiga unit untuk mendatangi serta memantau secara langsung satu persatu kondisi dan sarana penunjang keamanan di KPU dan Bawaslu di wilayah hukum Polda Sumsel.  

Untuk wilayah tiga meliputi, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Kota Lubuklinggau risk assesesment dan supervisi sudah dilakukan sejak tiga hari lalu. 

"Kami dari Ditpamobvit mengunjungi seluruh KPU dan Bawaslu untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024, khususnya bidang pengamanan," ujar Ditpamobvit Polda Sumsel, Kombes Pol Mirzal Alwi, SIK melalui Kasubid Waster Ditpamobvit, AKBP Edi Nugroho.

BACA JUGA:Kenali Kepribadian Seseorang Lewat Ketakutan-Ketakutan yang Mereka Alami, Apa Aja Ya? 

Pelaksanaan supervisi dan risk assesesment di KPU Lubuklinggau dilaksanakan kemarin dan langsung disambut oleh Ketua KPU Lubuklinggau, Topandri dan Sekretaris, Horinimus Emalianus Mbeko beserta jajaran, Kabag Ops Polres Lubuklinggau, Kompol Yunus dan personel lainnya.   

"Ada beberapa penekanan terkait sistem pengamanan, seperti pengamanan gudang logistik, keamanan di KPU dan Bawaslu, penambahan personel keamanan, kerjasaman dengan petugas kesehatan setempat, jadi kita cek satu persatu supaya pelaksanaan pemilu serentak 2024 berjalan baik dan lancar," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, AKBP Edi Nugroho beserta rombongan didampingi Ketua dan Sekretaris KPU Kota Lubuklinggau langsung memantau kesiapan yang sudah dilakukan, dan juga memantau gudang logistik yang ada di Kelurahan Lubuk Tanjung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

"Pengamanan gudang logistik sangat penting, mulai dari kecukupan petugas keamanan (satpam/PK) yang sudah standar sampai kelengkapan pendukung seperti CCTV dan APAR," ungkapnya.

BACA JUGA:Brownies Lumer Tanpa Oven! Ini Cara Termudah Bikin Brownies Yang Super Nyoklat

Menurutnya, pelaksanaan supervisi dan risk assesesment yang dilakukan Dirpamobvit Polda Sumsel tidak hanya sekadar melakukan pengecekan secara langsung, tapi memberikan saran dan masukan untuk meminimalisir setiap gangguan keamanan yang dapat menganggu proses pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

"KPU harus terus berkordunasi dengan Polres setempat untuk pengamanan, kemudian dengan Sat Pol PP, Dinas Kesehatan, Damkar dan PLN untuk memastikan penerangan, semua kita lakukan mitigasi dan antisipasi dini supaya tidak ada masalah ke depannya," katanya lagi. 

Sementara itu, Ketua KPU Lubuklinggau, Topandri melalui Sekretaris, Horinimus Emalianus Mbeko mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan supervisi yang dilakukan Ditpamobvit Polda Sumsel.

"Semua saran dan masukan yang diberikan oleh Ditpamobvit Polda Sumsel sangat baik untuk kelancaran pelaksanaan proses pemilu serentak, semoga pemilu serentak berjalan sukses dan lancar," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: