Honda

EMAK-EMAK Wajib Tahu, Ini 10 Penyebab Sariawan di Gusi

EMAK-EMAK Wajib Tahu, Ini 10 Penyebab Sariawan di Gusi

Beberapa penyebab timbulnya sariawan di gusi--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Pada konten kali ini kita akan membahas tentang 10 penyebab sariawan di gusi yang wajib diketahui emak-emak. 

Sariawan merupakan gangguan infeksi dan gejala kanker mulut yang terjadi di area mulut termasuk gusi 

Ciri-cirinya adalah luka bulat kecil berwarna merah yang di tengahnya terdapat butiran kulit kecil berwarna pucat. 

Penyebab sariawan di gusi cukup banyak dan akut sekalipun bentuk luka tidak besar, sariawan menimbulkan rasa nyeri luar biasa dijamin berbicara saja terasa perih apalagi makan.

BACA JUGA:Momen Sakral, Bupati Iskandar Beri Pena ke Wabup Shodiq, Lanjutkan Kepemimpinan sebagai Plt Bupati  

Maka dari itu penyakit ini harus dihindari secepatnya untuk menghindari sariawan di gusi dengan makanan penyembuh sariawan.

Berikut adalah penyebab sariawan di gusi yang harus dihindari. 

1. Cedera mulut

Pada umumnya sariawan di gusi disebabkan oleh luka tergores faktornya bermacam-macam ada yang terkena tergigit atau terkena makanan bertekstur tajam.

BACA JUGA:INFO LOKER: Vidio Buka Lowongan Kerja untuk 6 Posisi di Bulan November 2023 

Selain itu pasta gigi dengan sodium tinggi juga membuat gusi terluka,

2. Kekurangan nutrisi

Penyebab sariawan di gusi yang juga sering terjadi adalah akibat kekurangan nutrisi, biasanya masalah terletak pada minus nutrient seperti vitamin C vitamin B12 asam folat serta zat besi.

Jika nutrisi ini berkurang imunitas menjadi terganggu sehingga bakteri leluasa melakukan serangan ironinya akibat masalah ini tidak hanya jenis sariawan yang muncul pilek hingga HIV AIDS juga masalah yang perlu diwaspadai.

BACA JUGA:Mengungkap Keajaiban Batu Akik Sakti dari Kota Baturaja, Jadi Incaran Para Kolektor di Indonesia 

3. Sensitif terhadap makanan 

Gusi sensitif terhadap makanan tertentu juga penyebab sariawan di gusi, pada umumnya makanan penyebab kanker mulut seperti kopi, coklat, kacang dan keju memicu terjadinya masalah tersebut, tentu yang paling populer adalah makanan bercorak panas dan pedas. 

Oleh karena itu jauhilah mengonsumsi makanan di atas secara berlebihan lebih baik ganti dengan makanan yang termasuk cara membersihkan diskusi seperti makan sayur dan buah-buahan. 

4. Menderita penyakit tertentu

BACA JUGA:Terlalu Kecil, Ini 5 Negara yang Tidak Punya Bandara, Masih Tertarik Berkunjung? 

Penyebab penyakit sariawan di gusi selanjutnya adalah akibat gejala penyakit tertentu, biasanya penyakit yang dijelarai oleh sariawan adalah HIV, kanker mulut dan Hemofilia atau gangguan tubuh yang disebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Jika kasus ini yang terjadi solusinya adalah mendatangani dokter spesialis atau makan buah penyembuh, sariawan supaya bisa dilakukan tindakan tepat dan cepat sebelum penyakit bertambah parah. 

5. Stres dan depresi

Penyebab sariawan di gusi tidak hanya berhubungan dengan gangguan fisik, tapi masalah kejiwaan dari psikologis juga ikut andil di dalamnya.

BACA JUGA:Terlalu Kecil, Ini 5 Negara yang Tidak Punya Bandara, Masih Tertarik Berkunjung? 

Salah satunya adalah problem stres atau depresi yang berhasil memicu stres terjadi

Di mana pikiran bekerja ekstra keras bisa karena masalah pelik di kantor tidak kunjung usai atau karena problem keluarga yang kronis. 

Ternyata semua ini bisa menimbulkan luka sariawan di gusi, atas dasar itu lain dari beres dan depresi dan lakukan pengobatan luka.

6. Faktor genetika

BACA JUGA:Rilis Lagu Ketiga dari Album Golden, Berikut Lirik Lagu ‘Standing Next To You’- Jungkook BTS  

Penyebab sariawan egus yang keenam adalah faktor genetik atau faktor bawaan orang tua, artinya jika orang tua anda mengalami sariawan kemungkinan besar anak anda juga mengalaminya.

7. Ketergantungan obat 

Ketergantungan obat kimiawi adalah perilaku negatif, pasalnya sifat ini bisa menimbulkan penyakit termasuk penyakit sariawan dan bahaya nekrosis pulpa.

Berhubungan dengan kondisi ini adalah ketergantungan karena terapi pengobatan baik yang berupa kemo maupun radioterapi.

BACA JUGA:Rilis Lagu Ketiga dari Album Golden, Berikut Lirik Lagu ‘Standing Next To You’- Jungkook BTS

8. Perubahan hormonal 

Perubahan hormon pada perempuan juga bisa menyebabkan masalah sariawan di gusi, karena itulah penyakit ini kadang terjadi berbarengan dengan masa minusturbasi.

Jika kolaborasi ini tidak dihilangkan sang penderita akan merasa gelisah bahkan nyeri rongga mulut bengkak pada tambah. 

9. Infeksi bakteri

BACA JUGA:Harta Karun Temuan Shin Tae-yong, Penyerang Ganas Timnas Indonesia Masa Depan? 

Sebagian besar penyebab sariawan dari infeksi bakteri pada umumnya faktor ini menyerang gusi yang kotor dan penuh dengan remah makanan. 

Selain itu menjadi sarang perkembangbiakan bakteri tersebut, untuk mengatasi masalah ini pastikan gusi anak steril dan bersih dengan cara menggosok gigi secara teratur minimal tiga kali sehari. 

10. Penurunan daya tahan tubuh 

Penyebab sariawan di gusi yang selanjutnya adalah penurunan daya tahan tubuh atau imunitas, hal ini bisa dikarenakan oleh rusaknya sel darah putih.

BACA JUGA:Momen Sakral, Bupati Iskandar Beri Pena ke Wabup Shodiq, Lanjutkan Kepemimpinan sebagai Plt Bupati

Namun bisa juga karena pola makan yang tidak sehat, atas dasar itulah jika ingin bebas sariawan di gosip pastikan imun bekerja maksimal caranya dengan makan makanan sehat dan rajin berolahraga.

Itulah 10 penyebab sariawan di gusi yang wajib diketahui oleh emak-emak, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: