Honda

MUDAH DICARI, Ini 5 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

MUDAH DICARI, Ini 5 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

5 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Pada konyten berikut ini kita akan membahas 5 manfaat jeruk nipis untuk pengobatan, yuk disimak.

Buah jeruk nipis ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, meski harganya murah dan mudah didapatkan di warung, tapi jeruk nipis dapat dijadikan solusi alternatif dalam mengobati beberapa penyakit berikut ini.

1. Menambah zat besi

Manfaat jeruk nipis untuk menambah zat besi, di mana seperti yang kita ketahui zat besi merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:Miliki Keindahan Pola Daun dan Bentuknya yang Unik, Tanaman Hias Ini Menggoda Mata Pecinta Tanaman

Tanda-tanda anemia defisiensi besi, termasuk kelelahan, kesulitan bernapas saat berolahraga, pucat, dan kulit dan rambut kering.

2. Menurunkan demam

Manfaat jeruk nipis lainnya dapat menurunkan demam pada anak dengan memanfaatkan perasaan jeruk dan dicampurkan dengan air hangat. 

Caranya dapat mengoleskannya ke punggung anak atau anggota keluarga lainnya yang sedang demam tinggi racikan ini juga bisa digunakan sebagai kompres.

BACA JUGA:Terlengkap Terbaik, Inilah 6 Toko Helm di Palembang yang Jual Helm Berkualitas dan Buka 24 Jam

Biarkan semalaman agar khasiatnya terasa, dan keesokan harinya demam akan reda selain digunakan untuk mengompres, jeruk nipis juga bisa diolah menjadi teh hangat yang berkhasiat.

3. Mengobati sakit gigi

Manfaat jeruk nipis dapat mengobati sakit gigi dan gusi yang bengkak.

Anti bakteri yang ada di dalam jeruk nipis akan membantu membasmi kuman, dengan begitu kuman-kuman penyebab sakit gigi atau gusi bengkak dapat teratasi.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Wisata Air Terjun Paling Spektakuler di Jawa Barat, Cocok Banget Untuk Liburan Akhir Tahun

Caranya cukup dengan mengambil perasan 2 buah jeruk nipis, lalu campurkan air perasan tersebut dengan segelas air hangat dan gunakan air perasaan untuk berkumur.

4. Obat sariawan

Sariawan adalah penyakit pada mulut yang sering terjadi pada anak.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sariawan, mulai dari kondisi mulut yang kotor, tidak sengaja tergigit, kekurangan vitamin C maupun zat besi, tubuh yang tidak dalam keadaan fit, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:3 Desa Wisata di Indonesia yang Asri dan Menakjubkan, Ada yang Dijuluki Negeri Diatas Awan

Untungnya jeruk nipis bisa menjadi obat mujarab untuk mengobati sariawan, dimana kandungan vitamin C dalam buah ini dapat membantu menutup luka sariawan dan membuat mulut kembali segar.

Cara mengobatinya cukup meneteskan sari jeruk nipisnya ke sebuah kapas dan langsung ditempelkan ke sariawan anak.

5. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan vitamin C tinggi yang ada di dalam jeruk nipis dapat meningkatkan imunitas tubuh sebuah studi memaparkan, vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih.

BACA JUGA:3 Desa Wisata di Indonesia yang Asri dan Menakjubkan, Ada yang Dijuluki Negeri Diatas Awan

Hal ini membantu melindungi tubuh dari risiko infeksi dan penyakit manfaat jeruk nipis dengan kandungan vitamin C ini juga membantu mempersingkat durasi dan tingkat keparahan pilek pada anak.

Manfaat jeruk nipis juga membantu luka pulih lebih cepat, dengan mengurangi peradangan dan merangsang produksi kolagen kolagen adalah protein penting yang membantu penyembuhan luka.

Itulah 5 manfaat dari jeruk nipis bagi anak-anak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: