Honda

18,8 Juta KPM Segera Terima BLT El Nino Langsung 2 Bulan Rp400.000 Bulan Ini

18,8 Juta KPM Segera Terima BLT El Nino Langsung 2 Bulan Rp400.000 Bulan Ini

18,8 Juta KPM Segera Terima BLT El Nino Langsung 2 Bulan Rp400.000 Bulan Ini-palpres.com-

JAKARTA,PALPRES.COM- Sebanyak 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) akan segera menerima pencairan BLT El Nino langsung 2 bulan untuk alokasi November dan Desember 2023.

Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp7,5 trilun untuk disalurkan kepada Masyarakat miskin yang terdampak fenomena El Nino.

BLT El Nino diharapkan dapat membantu masyarkat yang terdampak untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.  

Bantuan tambahan ini akan disalurkan untuk 2 buln yaitu November dan Desember dengan total Rp400.000 per KPM.

BACA JUGA:Cek Saldo Bansos PKH dan BPNT Tahap 4,5 dan 6 Lewat Bank dan Pos, Benarkah Cair Dibulan Ini?

Saat ini pemerintah melalui Kementerian Sosial sedang dalam tahap penyusunan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk bantuan El Nino ini yang dijadwalkan rampung pada bulan November ini.

Jika DIPA sudah rampung disusun, maka bantuan akan segera disalurkan kepada penerimanya yang merupakan penerima bantuan BPNT yang terdaftar di DTKS Kemensos RI. 

Berdasarkan update terbaru, Bantuan El Nino ini akan dicairkan langsung 2 bulan sekaligus yaitu untuk alokasi bulan November dan Desember 2023 sebesar Rp400.000 per KPM. 

Proses penyalurannya melibatkan Lembaga penyalur PT Pos Indonesia.

BACA JUGA:10 Juta KPM Terima Dana Bansos PKH Cair Bulan Ini di Bank dan Kantor Pos, Ini Jadwalnya Pencairannya

Jadi bantuan El Nino ini akan dicairkan secara tunai lewat kantor pos langsung 2 bulan Rp400.000.

Adapun untuk dapat mengecek siapa sajakah penerima bantuan El Nino ini bisa melalui 2 cara yaitu melalui aplikasi Cek Bansos yang bisa didownload di Playstore. 

Apabila katerangan pada cek bansos pada kolom Bansos BPNT nama anda tertera sebagai penerima bantuan, maka secara otomatis juga akan menerima bantuan El Nino.

Cara kedua adalah melalui link resmi cekbansos.kemensos.go.id. 

BACA JUGA:Bansos BPNT Oktober-Desember Cair Rp600.000 Ambil di Kantor Pos, Siapkan 3 Berkas Ini

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai El Nino ini juga akan berbarengan dengan penyaluran bantuan PKH dan BPNT alokasi November dan Desember.

Karena pada bulan November ini, pemerintah secara serentak menyalurkan bantuan PKH dan BPNT baik itu melalui KKS Bank Himbara maupun melalui PT Pos Indonesia. 

Untuk bantuan PKH yang cair di KKS Bank himbara saat ini sudah memasuki tahap 4 alokasi bulan September-Oktober.

Juga sedang dalam proses pencairan ialah bantuan PKH tahap 5 alokasi bulan November-Desember yang saat ini terpantau di akun SIKS-NG sudah muncul keterangan Surat Perintah Membayar atau SPM. 

BACA JUGA:3 Bansos Uang Tunai Cair Bulan November Ini, Per KK Bisa Dapat Rp1,2 Juta, Berikut Ini Jadwal Pencairannya

Begitu juga untuk PKH yang cairnya lewat kantor Pos, yaitu PKH tahap 4 alokasi 3 bulan (Oktober,November dan Desember 2023) juga sudah ada update terbaru yang mana juga sudah muncul SPM untuk sebagian KPM jika dipantau dari aplikasi SIKS-NG.

Memang, perkembangan update terbaru pencairan PKH dan BPNT ini baru bisa dilihat di akun SIKS-NG milik pendamping sosial maupun di Dinas Sosial Kabupaten/Kota.

Sedangkan pada aplikasi cekbansos, atau website cekbansos.kemensos.go.id hingga saat ini terpantau belum ada perubahan periode salur baik itu untuk pencairan PKH maupun BPNT. 

Sehingga apabila KPM ingin mengetahui update status pencairan bantuan sosial, dapat menanyakan langsung ke pendamping sosial atau bisa  juga ke Dinas Sosial setempat.

BACA JUGA:Cek Penerima dan Jadwal Pencairan BLT El Nino Alokasi November-Desember 2023 di Cekbansos.kemensos.go.id

Selanjutnya, untuk bantuan BPNT saat ini sudah memasuki tahap 5 yaitu untuk alokasi bulan September dan Oktober 2023.

Bantuan ini juga sudah mulai dicairkan secara merata kepada 18,8 juta KPM dengan nominal Rp400.000. 

Begitu juga dengan BPNT tahap 6 alokasi bulan September-Oktober yang cair lewat kartu KKS saat ini pantauan di SIKS-NG juga sudah muncul keterangan SPM. 

Sedangkan, untuk BPNT yang cair via POS yaitu 3 bulan (Oktober-November-Desember) terpantau sudah ditahap berhasil cek rekening.

BACA JUGA:Cek Rekening KKS Anda, Bansos BPNT dan PKH untuk 4 Bulan Cair Serentak November 2023 Ini, Segini Totalnya

Itu artinya dibulan November ini pemerintah sudah memulai tahapan untuk pencairan bantuan PKH dan BPNT baik itu tahap 4, 5 hingga tahap 6.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: