Honda

Jaga Keamanan Ruang Siber Layanan Publik, OKI Bentuk Tim CSIRT

Jaga Keamanan Ruang Siber Layanan Publik, OKI Bentuk Tim CSIRT

Pembentukan Tim CSIRT OKI bersama kabupaten/kota lainnya di Sumatera Selatan-PALPRES.COM-

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika turut ambil bagian dalam pembentukan tim tanggap insiden siber sektor Pemerintahan.

Cyber Security Incident Response Team (CSIRT) Provinsi Sumatera Selatan ini dilaunching Penjabat Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni dan Kepala Badan Siber Sandi Negara (BSSN), Letjend (Purnawirawan), Hinsa Siburian di Griya Agung Palembang, Jum'at 24 November 2023.

Pembantukan tim CSIRT yang diikuti oleh 11 Kabupaten/Kota dan 7 Perguruan tinggi di Sumsel dan Lampung itu bertujuan menjaga keamanan di ruang siber, khususnya pada layanan pemerintah berbasis elektronik.

Kepala BSSN, Hinsa Siburian mengatakan, selain untuk mewujudkan keamanan pemerintahan berbasis elektronik, kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi media bagi CSIRT di instansi pemerintah untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

BACA JUGA:Pemkab OKI - Bapanas Bagikan Pangan Bergizi bagi Siswa

BACA JUGA:BURUAN! Ada Promo JSM Alfamart Dapatkan ALFAMART Minyak goreng pouch 2L Pakai Ovo Rp30.200

Selain itu, menguatkan sinergi dan kolaborasi dalam mengatasi serangan siber dan menanggulangi insiden siber di sektor pemerintah.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen BSSN dalam memberikan penguatan kapasitas kepada CSIRT Sektor Pemerintah,” ujar Hinsa.

Dijelaskannya, pembentukan CSIRT merupakan proyek prioritas strategis nasional (major project) pada RPJMN 2020-2024 dengan target pembentukan sebanyak 131 CSIRT. 

"Dan Sumsel menjadi percotohan karena turut menyertakan Kabupaten/Kotanya," ujar dia.

BACA JUGA: Selain Bermanfaat untuk Kesehatan Rambut, Ini Sejumlah Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Kulit dan Wajah

BACA JUGA:Pantau Kembang Tumbuh Anak, Bunda PAUD Musi Rawas Kunjungi PAUD Sakina Al Karim Bamasco

Penjabat Gubernur Sumsel, Agus Fatoni mengatakan, pembentukan tim CSIRT kabupaten/Kota di Sumsel ini dilakukan sebagai langkah untuk menjamin keamanan pelayanan publik dalam menggunakan teknologi internet..

"Ini satu langkah maju yang dilakukan Pemprov Sumsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: