Honda

CSRIT Kabupaten Musirawas Resmi Dilaunching, Ini Tujuannya

CSRIT Kabupaten Musirawas Resmi Dilaunching, Ini Tujuannya

Launching CSRIT Kabupaten Musirawas--

MUSIRAWAS, PALPRES.COM- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Melaunching Computer Security Incident Response Team (CSIRT) serentak di 11 Kabupaten/Kota se-Sumsel dan 7 Perguruan Tinggi (PT) di Palembang serta Lampung. Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Griya Agung Palembang.

Launching CSRIT ini menjadi yang pertama kali dilakukan di Indonesia, hal ini pun diapresiasi langsung oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia Hinsa Siburian. 

"BSSN sangat mengapresiasi launching ini dan saya rasa ini adalah yang pertama dan menjadi model dalam membangun sistem keamanan data kita, saya katakan Sumsel dapat menjadi percontohan bagi daerah lain," ujar Hinsa.

Menurutnya, BSSN dalam hal ini bertugas membangun CSIRT tingkat Provinsi dan Pusat, sedangkan untuk CSIRT Kab/Kota menjadi tanggungjawab Gubernur Sumsel, lanjut ia mengatakan bahwa kegiatan ini dapat menyakinkan Provinsi lainnya bahwa CSIRT Kab/Kota berjalan dengan baik.

BACA JUGA:Tablet Terbaru Advan Sketsa 3 cuma Rp1 jutaan, Ini Spesifikasinya!

 Senada dengan Hinsa, Pejabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan teknologi informasi adalah sistem strategis dalam mempermudah kita bekerja dan beraktivitas, kemajuan teknologi juga berpotensi adanya serangan siber. 

“Serangan ini harus diantisipasi dan ditanggulangi dengan melaunching CSIRT dan membntuk dewan TIK daerah. Kebersamaan, kerja keras, sinergi kolaborasi sangat penting. Kita dari pemerintah perlu bersama menjaga keamanan data milik pribadi, institusi, dan pemerintah,” katanya. 

Fatoni harapkan pengamanan siber harus di dukung SDM yang memiliki penguasaan teknologi dan regulasi yang di pergunakan dengan cerdas, tepat dan aman.

Dia minta dewan TIK bisa bekerjasama dengan semua stakeholder yang ada agar segala keuntungan dapat di optimalkan.

BACA JUGA:Menu Khas Sunda Resep Sayur Kacang Merah Gurih dan Segar Menggugah Selera 

Adapun CSIRT Kab/Kota yang di launching antara lain, Prabumulih kota CSIRT; Ogan Ilir Kab - CSIRT; OKU Kab - CSIRT; OKI Kab - CSIRT; OKU Timur Kab - CSIRT; OKU Selatan Kab - CSIRT; Muara Enim Kab - CSIRT; Lahar Kab - CSIRT; Banyuasin Kab - CSIRT; MUBA Kab - CSIRT; dan MURA. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: