Honda

Rescuer Basarnas Sumsel Dilatih High Angle Rescue Technique, Ini Tujuannya

Rescuer Basarnas Sumsel Dilatih High Angle Rescue Technique, Ini Tujuannya

Pembukaan kegiatan bimbingan teknis di ketinggian atau High Angle Rescue Technic (HART), yang diikuti Rescuer Basarnas Sumsel.-Basa-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Basarnas Sumsel resmi melaksanakan kegiatan bimbingan teknis di ketinggian, atau High Angle Rescue Technic (HART). 

Kegiatan Bimtek ini dibuka langsung oleh Kepala Urusan Umum mewakili Kepala Basarnas Sukamto, S.E di lapangan apel Basarnas Sumsel, Jl Gubernur H Bastari SMB II Palembang, Senin, 27 November 2023 Sekitar Pukul 09.00 WIB.

Peserta latihan berjumlah 30 orang, yang semuanya merupakan Rescuer Basarnas Sumsel. 

Sebelum mengikuti acara Apel Pembukaan Bimtek, semua peserta melaksanakan registrasi terlebih dahulu dan melaksanakan pengecekan kesehatan agar dapat mengikuti kegiatan dari awal pembukaan sampai selesai dengan baik.

Sukamto dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Basarnas merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan Operasi SAR di daerah dituntut untuk melaksanakan latihan ini, khususnya Rescuer yang harus meningkatkan skill dan knowledge tentang Ilmu Search and Rescue.

“Maksud dari pelaksanaan Bimbingan Teknis di Ketinggian oleh Kantor Basarnas Sumsel ini, adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan Tim Rescue Kantor Basarnas Sumsel ,” ungkap Sukamto

Pelaksanaan kegiatan Bimbingan Tekhnis HART ini dilaksanakan 27 hingga 30 November 2023 dilingkungan kantor Basarnas Sumsel dan Banyuasin.

Dalam kegiatan ini, peserta akan mendapatkan materi teknik pertolongan pertama di ketinggian, evakuasi menggunakan tandu, dan safety di ketinggian, dengan instruktur berjumlah 4 orang.

Sukamto mengharapkab seluruh peserta selalu mengutamakan safety pada Bimbingan Tekhnis di ketinggian, karena safety merupakan hal utama untuk melaksanakan latihan ketinggian di tebing maupun tower.

“Cek dan recheck semua alat yang akan digunakan dalam latihan, serta saling mengingatkan antara peserta dengan peserta yang lain saat pelaksanaan kegiatan berlangsung,” tukasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: