Honda

Program Konservasi Pesut Mahakam Kembali Raih Penghargaan Internasional, Cek Kebenarannya

Program Konservasi Pesut Mahakam Kembali Raih Penghargaan Internasional, Cek Kebenarannya

Program Konservasi Pesut Mahakam kembali meraih penghargaan internasional Great Practice Award 2023.-Istimewa-

TAIWAN, PALPRES.COM- PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina, melalui Program Konservasi Pesut Mahakam kembali meraih penghargaan internasional Great Practice Award 2023.

Yang merupakan program CSR perusahaan berbasis konservasi fauna Pesut Mahakam berstatus critically endangered yang disinergikan dengan pengembangan desa wisata di Desa Pela, di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Penghargaan diserahkan pada ajang Global Corporate Sustainability Award 2023 di Taiwan yang diselenggarakan Alliance for Sustainable Development Goals (A SDGs) dan Taiwan Institute for Sustainable Energy. 

Chairman GCSA yang juga merupakan mantan Menteri Luar Negeri ROC Amb Eugene Chien menyerahkan award tersebut kepada VP Investor Relations PT Pertamina (Persero) Juferson Victor Mangempis mewakili PHM. 

BACA JUGA:Dorong Keberlanjutan Hulu Migas Nasional, Begini Cara Pertamina Hulu Mahakam Melakukannya?

Program Komik Pesut Mahakam telah dinilai secara komprehensif dan terstruktur yang mencakup aspek strategies and objectives, impacts, effectiveness, continuity, performance, dan leadership.

Head Communication Relations & CID PHM Frans Aleaxander A Hukom mengungkapkan bahwa capaian ini merupakan bentuk pengakuan internasional kepada keberhasilan Program Komik Pesut Mahakam dalam aspek biodiversity, yaitu melestarikan keberadaan pesut di sungai Mahakam, dan aspek community impact, yaitu pengembangan Desa Wisata Pela yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Program Komik Pesut Mahakam yang konsisten dijalankan Perusahaan melalui kolaborasi dengan Yayasan RASI, Pokdarwis Desa Pela, dan Pemerintah Daerah setempat.

Berhasil mendapatkan penilaian berskala internasional atas dampak keberlanjutan program yang terukur,”ungkap Frans.

BACA JUGA:Pertamina Hulu Mahakam Libatkan 100 Persen Pekerja Lokal Pada Proyek Bekapai Artificial Lift, Ini Buktinya

Capaian internasional ini merupakan kali ketiga bagi Program Komik Pesut Mahakam yang diraih sepanjang tahun 2023. 

Keunggulan Pesut Mahakam yang  dijalankan PHM di Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara, PHM bersama RASI dan Pokdarwis mendorong masyarakat nelayan untuk mengurangi penggunaan alat tangkap yang dapat mengganggu Pesut Mahakam karena berdasarkan data tahun 2020.

Kematian terbesar Pesut adalah akibat terjerat jaring nelayan yaitu sebesar 66 persen

Oleh karena itu, Program Pesut Mahakam menerapkan inovasi Pinger Akustik, yang merupakan modifikasi resonansi suara yang digunakan dalam proses seismik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: