Honda

Ini Alasan Jendela Pesawat Berbentuk Oval, yuk Simak Ulasannya

Ini Alasan Jendela Pesawat Berbentuk Oval, yuk Simak Ulasannya

Ini alasan jendela pesawat berbentuk oval--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Salah satu pertanyaan yang mungkin kamu tanyakan saat duduk di pesawat adalah mengapa jendela pesawat selalu berbentuk oval.

Apakah itu merupakan pilihan desain dari pihak maskapai atau ada alasan ilmiah di baliknya?

Ternyata memang ada alasan tertentu mengapa pesawat punya jendela yang berbentuk oval.

Mengutip dari IFL science awalnya jendela pesawat ternyata tidak berbentuk oval, melainkan berbentuk persegi panjang seperti jendela yang biasanya ada di rumah.

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata Indonesia Paling Nyaman, Sepi dan Dijamin Bebas Macet! Cocok Buat Liburan Akhir Tahun

Bukti pesawat dengan jendela persegi ini terlihat pada jet komersial bernama komet dehfilan, namun hanya dalam waktu 5 tahun setelah diperkenalkan tiga pesawat mengalami serangkaian kecelakaan tragis.

Setelah kecelakaan ketiga pada tahun 1954 penyelidikan menetapkan ketiga kecelakaan disebabkan oleh retaknya kusen jendela akibat desainnya yang berbentuk persegi.

Terungkap bahwa jendela persegi sangat buruk dalam mengatasi tekanan yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan kabin yang disebabkan oleh penerbangan di ketinggian.

Ketinggian merupakan elemen penting dalam penerbangan komersial.

BACA JUGA:Bisa Tularkan Virus! 6 Benda Ini Ga Boleh Kamu Pinjamkan ke Orang Lain 

Di ketinggian hambatan lebih sedikit yang berarti lebih sedikit bahan bakar yang digunakan.

Hal ini ideal bagi maskapai penerbangan karena dapat menghemat uang dan mengurangi dampak penerbangan terhadap lingkungan.

Selain itu turbulensi juga akan lebih sedikit di ketinggian, di sinilah bentuk jendela menjadi bagian penting dari persamaan tersebut.

Jika jendela berbentuk persegi panjang gangguan aliran tekanan akan lebih signifikan dan dapat menyebabkan keretakan pada kaca bahkan badan pesawat lain.

BACA JUGA:Kejadian Langka! Ayam Jantan Bertelur, Kok Bisa? Ternyata Ini Khasiat Telurnya 

Jika jendela berbentuk oval maka tingkat tekanan akan lebih seimbang, itulah alasan mengapa jendela pesawat berbentuk oval dan tidak memiliki sudut yang lancip. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: