Sejauh Mata Memandang Menggugah Kesadaran terhadap Krisis Pangan lewat Pameran ‘Kedai Kita’
Sejauh Mata Memandang (SMM) berkolaborasi dengan Greenpeace Indonesia dan didukung oleh Plaza Indonesia, dalam menghadirkan pameran bertajuk “Kedai Kita”. --
“Selain itu, “Kedai Kita” juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ‘Berhenti Basa Basi Buat Bumi’. Sesuai dengan judulnya, kami juga ingin mengajak publik untuk bersuara dan beraksi untuk iklim serta mendesak pemerintah untuk berhenti basa-basi mengobral janji dan solusi palsu, dan segera lakukan aksi iklim yang nyata,”terang Adila.
Terdapat tiga area utama yang bisa dikunjungi pada “Kedai Kita”, di antaranya adalah Kopi Tinggal Kenangan, Warung Nasib Kita di Masa Depan (WarNas), dan Warung Sejauh Mata Memandang yang dirancang oleh Keluarga Sejauh, Felix Tjahyadi. Rancangan kali ini menggunakan 90% material guna ulang (reuse) seperti panel kayu bangunan dari kegiatan SMM sebelumnya serta kain perca dari sisa produksi SMM yang didaur naik (upcycle), memberikan sentuhan rancangan yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.
Kopi Tinggal Kenangan
Kopi, sebagai salah satu kebanggaan di Indonesia, merupakan tanaman yang sangat rentan terhadap krisis iklim.
Penurunan kualitas maupun kuantitas biji kopi telah dialami oleh petani kopi di berbagai wilayah akibat cuaca ekstrim yang tidak bisa terprediksi, salah satunya adalah Banjarnegara.
Di area ini, pengunjung dapat mencicipi cita rasa kopi yang saat ini terancam hanya akan menjadi kenangan akibat krisis iklim.
BACA JUGA:Ramaikan JFW 2024, Sejauh Mata Memandang Pamerkan ‘Tarum’ Koleksi Denim Ramah Lingkungan
Warung Nasib Kita di Masa Depan (WarNas)
Ketahanan pangan Indonesia yang biasa kita konsumsi sehari-hari seperti beras, sayur mayur, ikan, buah, serta bumbu dapur seperti cabai, garam, dan rempah juga terancam akibat krisis iklim.
Para petani kesulitan memprediksi masa tanam akibat anomali cuaca, juga kewalahan menghadapi hama dan penyakit tanaman.
Melalui WarNas, pengunjung dapat berjamu dan melihat berbagai informasi tentang bahan makanan yang terancam punah serta cerita dari para petani yang terdampak.
Warung Sejauh Mata Memandang
Sejauh Mata Memandang turut menghadirkan toko pop-up di pameran ‘Kedai Kita’ yang dirancang menyerupai warung.
Sahabat Sejauh dapat melihat dan berbelanja berbagai koleksi pakaian hingga pernak-pernik unik hasil dari kreasi daur naik (upcycle) kain-kain perca motif khas SMM.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: