Honda

PLTS Atap dan PLN Icon Plus Support Program BOENDA Dinas ESDM

PLTS Atap dan PLN Icon Plus Support Program BOENDA Dinas ESDM

PLN Icon Plus SBU Regional Sumbagsel bersama Dinas ESDM Provinsi Jambi tanda tangani perjanjian kerjasama PLTS Atap (PV Rooftop) program BOENDA pada 8 Desember 2023 di Palembang.--

JAMBI, PALPRES.COM - PLN Icon Plus adalah Subholding Beyond kWh dari PLN yang berkomitmen turut serta menyediakan solusi energi terbarukan atau Green Solution di Indonesia. 

Salah satu green solution yang disediakan oleh PLN Icon Plus adalah PLTS atap alias PV Rooftop.

Direktur Utama PLN Icon Plus Bapak Ari Rahmat Indra Cahyadi menjelaskan, “PLTS atap adalah pembangkit yang memanfaatkan energi terbarukan yang bersumber dari cahaya Matahari untuk menghasilkan energi listrik. 

Pemanfaatan energi terbarukan menjadikan PLTS salah satu solusi untuk mengurangi emisi karbon dan efisiensi biaya penggunaan listrik”.

BACA JUGA:PLN Icon Plus Berkontribusi untuk Dunia Pendidikan

Layanan PLTS Atap dari PLN Icon Plus ini hadir untuk mendukung program pemerintah, yang salah satunya adalah program BOENDA dari Dinas ESDM

Dijelaskan oleh Kepala Bidang Energi Dinas ESDM Provinsi Jambi bapak Pandu Hartadita, Program BOENDA merupakan Bantuan Konsumsi Energi Terbarukan Dalam Rumah Tangga, PLTS Atap Program BOENDA merupakan upaya pemerintah Provinsi Jambi dalam stimulasi peningkatan ekonomi rumah tangga melalui intervensi kebutuhan energi dengan pemanfaatan energi terbarukan. 

Berdasarkan hasil kajian Institute for Essential Services Reform (IESR), Provinsi Jambi memiliki potensi energi surya mencapai 281,5 GWp. 

Besarnya potensi energi surya yang dimiliki Provinsi Jambi, kemudahan dalam proses instalasi, serta fleksibilitas kapasitas pemasangan menjadi landasan Dinas ESDM Jambi memanfaatkan PLTS atap sebagai bantuan terintegrasi untuk masyarakat, dengan harapan menjadi stimulan bagi pengentasan kemiskinan dan peningkatan kemampuan ekonomi rumah tangga. 

BACA JUGA:Datangi Kementerian ESDM, PJ Bupati Muba Inginkan Jaringan Listrik MEP Diambil Alih Pihak PLN

“Penandatanganan perjanjian kerjasama PLTS Atap dengan PLN Icon Plus SBU (Strategic Business Unit) Regional Sumbagsel ini menjadi upaya implementasi Program BOENDA yang diharapkan menjadi salah satu pendukung pencapaian target porsi EBT dalam bauran energi daerah sebagaimana termuat dala Peraturan Daerah Provinsi Jambi, sekaligus menjadi upaya percepatan transisi energi di Jambi agar dapat tercapai, sesuai visi misi Jambi Mantap 2024 dari bapak Gubernur”, ujar pak Pandu.

General Manager PLN Icon Plus SBU Sumbagsel Bapak Yan Alfino Simanjuntak mengatakan, “PLTS atap dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi pemiliknya, sekaligus manfaat bagi kelestarian dan keberlanjutan lingkungan. 

PLN Icon Plus SBU Regional Sumbagsel sangat siap mensupport PLTS Atap program BOENDA Dinas ESDM tak hanya di provinsi Jambi tapi juga di provinsi lain dalam wilayah kerja PLN Icon Plus SBU regional Sumbagsel seperti Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Bangka dan Belitung".

Saat menutup acara tersebut, Manajer PLN Icon Plus Kantor Perwakilan Jambi bapak Abdillah Arifin Rahman Lubis mengatakan, "PLN Icon Plus tak hanya menyediakan PLTS Atap untuk pemerintah maupun industry, masyarakat umum yang berminat menggunakan PLTS Atap dapat mengajukan instalasi PV rooftop melalui aplikasi PLN Mobile atau datang langsung ke kantor perwakilan PLN Icon Plus terdekat”. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: