Citraland
Honda

Iklan Bakal Calon Walikota Palembang 2024 – 2029 Sarana Publikasi atau Sampah Visual

Iklan Bakal Calon Walikota Palembang 2024 – 2029 Sarana Publikasi atau Sampah Visual

Harry Yogsunandar-Dok Palpres-

Media apa yang kita akan pilih untuk media publikasinya misalnya, spanduk,  baliho, billboard, leaflet, cutting stiker, stiker mobile, standing banner, videotron dan lainnya. 

Media tersebut mempunyai karakter sesuai dengan fungsinya masing-masing. Tentunya dengan mempertimbangkan budget-nya. 

Baliho, billboard dan video

tron mempunyai budget yang relatif besar dibanding media lainnya. Ukuran besar dan berada pada titik-titik strategis, adalah kelebihan dari media ini. 

Media lainnya bukan berarti tidak punya potensi strategis, tetapi lebih pada kepada siapa kita berkomunikasinya. 

Contohya pada event atau kegiatan di carfreeday, standing banner dan spanduk akan lebih efektif dalam menyampaikan pesan karena khalayak akan terpusat pada satu titik saja. 

Leaflet akan lebih efektif jika ditempatkan pada sepanjang gang atau jalanan yang agak tertutup, sehingga mata khalayak akan terfokus pada pesan yang disampaikan, dan masih banyak lagi.

Contoh nyatanya kurang lebih seperti ini: 

Pesan yang sudah kita rancang ditujukan untuk kelompok umum dengan kelompok umur diatas 46 tahun, berjenis kelamin perempuan yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga. 

Eksekusi pesannya adalah ruang publik dimana banyak ibu-ibu rumah tangga berkumpul, salah satu tempat idealnya adalah pasar tradisional. 

Artinya mereka akan mencari titik yang paling strategis bisa terlihat oleh ibu-ibu yang beraktifitas dipasar baik pembeli maupun penjual. 

Lain halnya ketika pesan yang ingin ditujukan kepada usia 17 -  21 tahun, tempat yang paling potensial untuk usia ini adalah di lingkungan seputaran sekolah atau kampus/ perguruan tinggi. 

Jadi eksekusi pesannya bisa dilakukan di lokasi tersebut. 

Perlu diperhatikan juga bahwa penempatan iklan di tempat yang tidak pada mestinya semisal di rambu-rambu lalulintas, pohon, taman kota, tanaman dan tempat-tempat yang dilarang, akan berdampak negatif pada objek iklannya. 

Terakhir tim pengiklan bakal calon tersebut harus mempunyai catatan berapa lama iklan tersebut dipasang dan kapan harus diganti pesanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: