Honda

Dibuka Presiden Jokowi, Pj Wako Lubuklinggau H Trisko Defriyansa Hadiri Munaslub APEKSI 2023

Dibuka Presiden Jokowi, Pj Wako Lubuklinggau H Trisko Defriyansa Hadiri Munaslub APEKSI 2023

Dibuka Presiden Jokowi Pj Wako Lubuklinggau H Trisko Defriyansa Hadiri Munaslub APEKSI 2023 --

BOGOR, PALPRES.COM- Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa bersama sejumlah pejabat menghadiri Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023 di Puri Begawan, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat, 15 Desember 2023.

Kegiatan yang mengusung tema 'Konsistensi di Masa Transisi' tersebut dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).   

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi, mengungkapkan, bahwa populasi perkotaan di Indonesia di tahun 2045-2050 diperkirakan mencapai 70 persen, atau meningkat pesat dari tahun 2010 yang sebesar 49,7 persen.

Kmeudian di tahun 2020 56,7 persen, oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) untuk menyusun perencanaan besar kota masing-masing dalam menyambut pertumbuhan penduduk tersebut.

BACA JUGA:Kendalikan Inflasi Jelang Nataru, Pemkot Lubuklinggau Hadiri Undangan High Level Meeting BI Perwakilan Sumsel

“Yang namanya desain kota, perencanaan besar, strategi besarnya harus disiapkan dari sekarang. Semua kota harus memiliki rencana besar kotanya masing-masing,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi pun menekankan agar desain besar tersebut mengedepankan keunggulan masing-masing kota sekaligus memiliki perbedaan dengan kota lainnya.

“Sering saya sampaikan mestinya setiap kota itu punya perbedaan-perbedaan, karena unggulannya semuanya memiliki, dan kita tahu kota-kota di Indonesia tidak ada yang spesifik memiliki kekuatan dan diferensiasi dibanding kota-kota, perbedaan-perbedaan dengan kota,” ujarnya.

Presiden juga menekankan pentingnya detail pada desain arsitektur kota sehingga dapat memunculkan diferensiasi dan keunggulan kota tersebut.

BACA JUGA:Persiapan Generasi Indonesia Emas 2045, Pemkot Lubuklinggau Serius Atasi Stunting

Presiden Jokowi memberikan contoh sejumlah kota di dunia yang dinilainya berhasil dalam membangun kota dengan menonjolkan keunggulannya.

Dua di antaranya yaitu Sunnylands di California, Amerika Serikat dengan keunggulan sebagai kota golf dan Kota Koln di Jerman dengan keunggulan sebagai kota pameran.

“Ada lagi yang sangat terkenal yang karena itu bidang saya, kota mebel yang namanya High Point, ini di North California, yang setiap tahun itu selalu datang berpuluh ribu orang untuk melihat tren mebel itu seperti apa, warna yang tren tahun depan apa, di sana pameran seluruh kota,” pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: