Honda

3 Jenis Batu Akik Asli Indonesia Kualitas Ekspor, Nyaris Diakui Milik Negara Lain

3 Jenis Batu Akik Asli Indonesia Kualitas Ekspor, Nyaris Diakui Milik Negara Lain

3 Jenis Batu Akik Asli Indonesia Kualitas Ekspor Nyaris Diakui Milik Negara Lain--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Salam satu hobi, halo sahabat pecinta dan kolektor batu akik di manapun anda berada, apa kabar kalian semua?

Dalam konten berita kali ini kita akan membahas 3 jenis batu akik asli Indonesia yang memiliki kualitas ekspor dan nyaris diakui milik negara lain, yuk simak ulasannya.

Dilansir dari youtube kabar chanel beberapa waktu lalu, Ketua Asosiasi Pengusaha pengrajin penambang batu akik dan permata Helma Hera Selatan, Akmal Iskandar Alamseperti mengungkapkan, 3 jenis batu akik bacan memiliki nilai ekspor tinggi ke luar negeri.

Bahkan, batu akik dari Halmahera, Maluku Utara, Indonesia ini nyaris diakui milik negara lain, dengan cara memberikan sertifikat batu akik dengan tidak mencatumkan Indonesia sebagai negara asal batu akik tersebut.

BACA JUGA:Inilah 3 Jenis Batu Akik Langka yang Jadi Incaran Utama Kolektor Permata, Nomor 2 Jadi Simbol Kemakmuran

BACA JUGA:11 Manfaat Batu Akik Combong: Mulai dari Penglaris Dagangan sampai Sukses Dalam Dunia Pendidikan 

Wajar saja, batu akik bacan menjadi incara para kolektor mancanegara karena memiliki kualitas tinggi dan menjadi incaran konsumen di luar negeri.

Ada beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor batu akik bacan, antara lain Taiwan, Korea, Tiongkok, Hongkong, Dubai hingga Amerika Serikat. 

Adapun caranya, bahan batu akik atau batu akik bacan dalam bentuk jadi di beli dari Maluku Utara, lalu diberikan sertifikat menjadi produk dari negaranya.

Sebagai informasi, ada 3 jenis batu akik bacan yang memiliki keindahan dan keistimewaannya masing-masing, yaitu batu akik bacan doko, batu akik bacan palamea dan batu akik bacan obi.

BACA JUGA:19 Jenis Batu Akik Paling Hits di Indonesia Selama Tahun 2023, Kamu Sudah Punya Koleksi yang Mana?

BACA JUGA:Koleksi Berharga bagi Pecinta Permata, 3 Batu Akik Langka Ini Membawa Keberuntungan

Penamaan batu akik bacan doko karena berasal dari daerah Doko di Halmahera Selatan Maluku Utara, batu akik ini memiliki warna yang hijau tua kehitam-hitaman. 

Kemudian batu akik bacan palamea yang menjadi pembeda antara dua jenis batu ini adalah warna yang dihasilkan. Jika batu cincin bacan doko berwarna lebih tua, baik hijau ataupun warna lainnya, maka jenis batu cincin bacan palamea ini berwarna lebih muda.

Batu bacan palamea ditemukan di Desa Palamea, yang letaknya tidak terlalu jaih dari Desa Doko asal batu bacan doko.

Selanjutnya batu akik bacan obi yang ditemukan di Pulau Obi, warna batu ini bermacam-macam seperti merah, kuning, biru dan warna-warna lain, dan ciri khas utama dari batu akik ini adalah warnanya yang bening, atau tembus pandang.

BACA JUGA:Manfaat Batu Akik Galih Asem: Bisa Bikin Aura Kecantikan Kamu Bersinar Sepanjang Hari

BACA JUGA:22 Jenis Batu Akik dan Permata Paling Pantas Dihadiahkan untuk Istri Tercinta, yuk Dipilih!

Batu akin bacan obi memiliki kelebihan lain dari Batu bacan obi adalah tingkat kekerasan yang lebih tinggi dibanding jenis lainnya.

Tidak hanya batu akik bacan saja yang diincar, selain itu yang kerap dicap saat ini konsumen asing adalah batu akik kecubung, akik batu kasiruta yang berwarna seperti cincau, setelah itu batu akik kalsedon, batu akik delima, dan batu akik sarang tawon atau batu akik teratai. 

Oleh sebab itu khususnya masyarakat atau pemerintah wajib bisa menjaga hak-hak asli batu akik asal Indonesia, jangan sampai kecolongan dari negara asing.

Bukankah cinta sebagian dari iman, oleh karenanya mari kita jaga bersama perbatuan Indonesia salam batu akik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: