Honda

Khasiatnya Bisa Menaklukkan Dunia dan Seisinya, Ini Keutamaan Salat Qobliah Subuh yang Jarang Diketahui

Khasiatnya Bisa Menaklukkan Dunia dan Seisinya, Ini Keutamaan Salat Qobliah Subuh yang Jarang Diketahui

Khasiatnya Bisa Menaklukkan Dunia dan Seisinya, Ini Keutamaan Salat Qobliah Subuh yang Jarang Diketahui--freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM - Khasiatnya bisa menaklukkan dunia dan seisinya, ini keutamaan salat qobliah subuh yang jarang diketahui.

Salat sunnah qobliyah atau dikenal juga sebagai salat fajar merupakan Salat sunnah rawatib yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah untuk di amalkan oleh umatnya. 

Mengingat, salat sunnah sebelum subuh ini memiliki keistimewaan yang sangat luar baisa, yakni bagi siapa pun yang mengamalkannya diyakini bisa menalukkan dunia dan seisinya.

Bahkan Rasulullah SAW pernah berkata, "Dua rakaat itu lebih aku cintai ketimbang seluruh dunia" (HR Muslim).

BACA JUGA:Mbah Moen: Jika Ingin Utang Terbayar Lunas dan Rezeki Terus Mengalir, Amalkan 4 Amalan Ini Selepas Salat Subuh

Melalui hadit tersebut, sudah sepatutnya kita untuk senantiasa menegakkan dan mengamalkan ibadah yang satu ini.

Karena, sangat merugi bagi kita apalagi kita tidak melaksanakan salat dua rakaat sebelum subuh ini.

Rasulullah SAW berpesan bahwa beliau mengatakan bahwa dua rakaat salat sunnah sebelum subuh memiliki nilai lebih baik daripada jagad dan seisinya, berikut isi pesan Rasulullah SAW:

“Dua rakaat shalat fajar lebih baik dari dunia seisinya."

BACA JUGA:Bolehkah Wanita Salat Dzuhur Sebelum Jumatan Selesai? Ini Penjelasannya

Namun walaupun salat sunnah sebelum subuh merupakan salat sunnah yang memiliki keutamaan lebih baik daripada jagad dan seisinya, tapi jangan terlalu berlama-lama, mengingat ada salat subuh yang wajib untuk dikerjakan.

Berikut adalah 4 keutamaan mengamalkan salat subuh qobliyah.

1. Lebih baik dari dunia dan seisinya

Salah satu keutamaan ini mungkin sudah tidak asing terdengar.

BACA JUGA:Ujian dan Cobaan akan datang Bagi Orang yang Hijrah? Ini Penjelasan Ustad Hanan Attaki

Nah, berikut hadits yang mengatakan tentang keutamaan yang luar biasa mengenai sholat subuh.

Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda tentang keutamaan luar biasa dari sholat subuh,

Artinya : "Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada sholat isya dan sholat subuh, tentu mereka akan mendatanginya sambil merangkak." (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Mengikuti Teladan Rasulullah

BACA JUGA:Bolehkah Berwudhu di Toilet? Ini Penjelasan Ustad Adi Hidayat

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memberikan contoh kepada kita agar senantiasa menjaga rutinitas dalam melaksanakan sholat qobliyah subuh.

Yang artinya Rasulullah telah memberi kita contoh untuk mengerjakan sholat sunnah dua rakaat sebelum subuh.

Jika kita mengerjakannya berarti kita telah mengikuti salah satu teladan bagi Rasullulah.

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga sholat subuh. Sebelum sholat subuh dimulai, beliau dahului dengan dua rakaat ringan." (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Antara Penyakit Fisik dan Non Fisik, Ini Penjelasan Ustad Adi Hidayat

3. Sebagai Penutup Kekurangan Sholat Wajib

Ternyata salah satu keutamaan dari mengerjakan sholat sunnah dua rakaat sebelum subuh ini yaitu dapat menutupi kekurangan sholat wajib.

Berikut hadits yang menjelaskan tentang hal diatas.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah sholat.

BACA JUGA:Ustad Kondang Dukung Salah Satu Paslon di Pilpres 2024, Buya Yahya Katakan Ini

Kemudian Allah Ta'ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih mengetahui segala sesuatu.

"Lihatlah kalian pada sholat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna.

Namun, jika sholatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan sholat sunnah? Jika ia memiliki sholat sunnah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan sholat sunnah yang ia lakukan.

Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu." (HR. Abu Daud).

BACA JUGA:Iman dan Amal Saleh Selalu Dipasangkan dalam Islam, Ini Penjelasan Ustad Felix Siauw

4. Mendapat Rumah di Surga

Ayo siapa sih yang tidak mau mendapatkan rumah di surga? yups keutamaan sholat sunnah sebelum subuh yang selanjutnya yakni mendapat balasan berupa rumah di surga.

Berikut hadits yang menjelaskan keutamaan diatas: Ummu Habibah radhiyallahu 'anha, Istri Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dia berkata:

"Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:"Seorang hamba yang muslim melakukan sholat sunnah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga."

(Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu 'anha berkata, "Setelah aku mendengar hadis ini aku tidak pernah meninggalkan sholat-sholat tersebut." (HR. Muslim).

Meskipun sholat sunnah sebelum subuh memiliki keutamaan untuk menutupi kekurangan sholat wajib, namun jangan tinggalkan sholat wajib ya dengan alasan apapun.*


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: