Honda

5 Jenis Batu Akik Paling Mahal di Indonesia, Kamu Sudah Punya Koleksi yang Mana?

5 Jenis Batu Akik Paling Mahal di Indonesia, Kamu Sudah Punya Koleksi yang Mana?

Batu Akik dari Telur Dinosaurus 60 Juta Tahun Ditemukan di Inggris, Inilah Pesona Batu Akik Kalsedon Kecerahan Warnanya Menggugah Selera Kolektor Mancanegara, Identitas Mayat Bercincin Batu Akik Merah Delima Terungkap Ternyata Warga Sukun Malang, Disangka--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Salam satu hobi, pada konten berikut ini kita akan membahas 5 jenis batu akik paling mahal di Indonesia, yuk simak ulasannya.

1. Red Raflesia  

Red Raflesia red Rafflesia atau disebut juga cempaka merah, batu akik dari Bengkulu ini semakin digemari sehingga harganya pun semakin tinggi.

Bahkan dalam beberapa bulan terakhir ini bahan batu akik renaflesia ini semakin sulit ditemui.

BACA JUGA:Ini Dia Batu Akik yang Sering Dipakai oleh Presiden Soekarno, Langka serta Susah Didapat

BACA JUGA:11 Manfaat Batu Akik Combong: Mulai dari Penglaris Dagangan sampai Sukses Dalam Dunia Pendidikan

Batu akik Rafflesia ini memiliki beberapa bagian warna diantaranya berwarna kuning orange dan putih.

Namun biasanya batu akik Rafflesia berwarna merah yang paling dicari dan kini mulai langka bahkan disebut-sebut batu akik red applesia kini mulai menyaingi batu akik bacan.

Salah satu keunikan dari Rafflesia adalah bisa memunculkan giwang petai, tapi itu tergantung juga dari skil penggosok memilih serat dari bongkahannya.

Batu akik raflesia juga memiliki warna merah transparan dari jenisnya memiliki beberapa warna seperti merah, kecoklatan, orange.

BACA JUGA:Ini lho Jenis Batu Akik yang Disukai Ustaz Abdul Somad, Harganya Capai Puluhan Juta Rupiah

BACA JUGA:5 Manfaat Batu Akik Tapak Jalak, Nomor 3 Meningkatkan Wibawa dan Kharisma 

Untuk kualitas super harga bahan mentah reflesia berkisar 5 juta sampai 15 juta per kilo dan yang sudah digosok per butirnya biasanya dihargai dengan 500.000 sampai 50 juta tergantung tingkat kualitas atau tingkat kontes. 

2. Batu Giok

Batu Giok adalah batu yang sangat kuat yang sering digunakan sebagai perhiasan, awalnya batu giok digunakan sebagai senjata seperti kepala kapak karena kekuatannya.

Namun seiring berjalannya waktu batu giok digunakan untuk perhiasan hingga pajangan banyak orang mengetahui bahwa batu Giok berwarna hijau.

BACA JUGA:Membawa Keberuntungan, Batu Akik Jenis Ini Pernah Dipakai Artis Raffi Ahmad

BACA JUGA:Ini Batu Akik Presiden Jokowi, Jenisnya Langka dan Berkualitas Tinggi

Tahukah anda ternyata batu giok tidak hanya berwarna hijau, tapi memiliki beragam warna seperti hijau putih Ungu kuning biru hitam merah bahkan abu-abu.

Untuk harga Giok sendiri itu bervariasi mulai dari harga 300.000 sampai 15 juta tergantung dari tingkat keindahan dan warna dari giok itu sendiri.

3. Batu Akik Pancawarna 

Batu akik pancawarna batu aki pancawarna termasuk jenis batu akik dan sudah melegenda sebagai batu pancawarna yang dianggap memiliki tua khasiat.

BACA JUGA:7 Jenis Batu Akik Presiden Indonesia dari Soekarno hingga Jokowi, Ada yang Kamu Punya?

BACA JUGA:Ini Khasiat Batu Akik yang Tersemat di Jari Presiden Soekarno

Batu cincin pancawarna dipercaya dapat meningkatkan karismatik dan kewibawaan bagi penggunanya saat ini banyak orang yang demam mengkoleksi berbagai jenis batu akik.

Salah satu batu akik yang banyak diburu diantaranya yakni jenis batu ini batu jasper pancawarna merupakan salah satu jenis batu yang sangat terkenal dan tentunya memiliki harga jual yang sangat tinggi ini dikarenakan batu ini memiliki motif dan warna yang sangat cantik dan indah.

Sesuai namanya Panca yang bermakna 5 dan warna yakni warna jadi batu panca warna merupakan batu dengan 5 warna ciri yang khas pada batu ini.

4. Batu Akik Bacan

BACA JUGA:5 Khasiat Mistis Batu Akik dari Sumatera Barat, Permata Berharga yang Pernah Digunakan Presiden SBY

BACA JUGA:Berjarak 233 KM dari Sumatera Barat, Daerah Penghasil Batu Akik yang Pernah di Pakai Pemimpin Negara

Batu Bacan sering disebut juga dengan istilah batu gioknya Indonesia, batu ini merupakan batu paling banyak diminati terutama saat trend batu akik sedang populer, batu ini memiliki nama ilmiah chrysocola.

Jenis batu bacan termahal sangat diminati para pecinta batu akik, nama bacan diambil dari nama pulau tempat dimana batu tersebut diperjual belikan, yaitu pulau Bacan yang terletak di Kabupaten Halmahera Selatan provinsi Maluku Utara.

Dulu batu ini merupakan batu perhiasan penting pada masa Kesultanan Bacan Jailolo Tidore dan Ternate, batu bacan termahal bisa dihargai hingga puluhan juta rupiah, jenis batu bacan termahal ini dipatok berdasar kualitas tingkat kristal dan juga warna keunikannya.

5. Batu Akik Kalimaya

BACA JUGA:11 Cara Mudah Merawat Batu Akik Agar Tetap Mengkilap dan Mewah, Gak Pake Mesin!

BACA JUGA:9 Khasiat Batu Akik Baturaja, Bisa Mengharmoniskan Hubungan Suami Istri

Batu akik Kalimaya merupakan batu mulia yang hanya ditemukan di wilayah Banten khususnya di dua kecamatan yang ada di wilayah Lebak, yakni Kecamatan Maja dan Sajira sekitar 2 km dari Rangkasbitung.

Batu ini memiliki kelebihan karena dalam satu kalimaya kita dapat menyaksikan indahnya merah delima Zamrud, Topas, Kecubung dan semua warna cemerlang dari batu permata lain. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: