Honda

Luar Biasa, Indeks SPBE OKI Berpredikat Baik Skala Nasional 2023, Terbaik Kedua di Sumatera Selatan

Luar Biasa, Indeks SPBE OKI Berpredikat Baik Skala Nasional 2023, Terbaik Kedua di Sumatera Selatan

Bupati OKI saat launching layanan E-Office akhir 2023 lalu-PALPRES.COM-

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan dalam mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui integrasi aplikasi layanan publik, layanan administrasi dan layanan keuangan daerah menunjukkan trend positif. 

Hasil evaluasi Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) terhadap penerapan SPBE lingkup Kementerian dan Pemda se Indonesia, Pemerintah Daerah Ogan Komering Ilir berhasil meraih predikat 'Baik' skala nasional tahun 2023.

Nilai indeks SPBE OKI sebesar 3,04, melesat tajam dari angka 2,39 pada tahun 2022.

“Pemkab OKI berhasil meraih predikat 'Baik' penilaian indeks SPBE dengan skor 3,04 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

BACA JUGA:8 Jenis Tanaman Hias Paling Populer di Januari 2024, Kamu Sudah Punya Koleksi yang Mana?

BACA JUGA:Bupati OKI Serahkan DPA 2024, Totalnya Capai Rp2,6 Triliun, Ini Rinciannya

Indeks ini tertinggi ke 2 se Sumatera Selatan,” ungkap Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika OKI, Adi Yanto, Jum’at 12 Januari 2024.

Hasil ini, tambah dia, berkat kerja kolaboratif seluruh stakeholder dan kontribusi aktif dari perangkat daerah yang senantiasa mengimplementasikan digitalisasi dan sistem elektronik dalam kegiatan-kegiatan pengelolaan administrasi serta pelayanan kepada masyarakat. 

Adi menegaskan, jika proses evaluasi SPBE yang dilaksanakan bukan hanya dalam rangka berlomba-lomba mendapatkan nilai tertinggi, ataupun pemeringkatan nasional.

Namun dalam rangka memotret penerapan SPBE di suatu wilayah, untuk kemudian menentukan langkah strategis dalam upaya perbaikan.

BACA JUGA:MAN Kalahkan SMA Negeri dan Swasta? Inilah 3 SMA Terbaik di Jambi Berdasarkan Nilai UTBK

BACA JUGA:6 Tempat Makan Lesehan yang Instagramable di Jakarta, Cocok Buat Kumpul Keluarga Harga Menu Rp30 Ribuan

“Penerapan SPBE sebagai key driver transformasi digital untuk mengarahkan pengembangan pemerintahan dan pelayanan publik berbasis elektronik.

Tujuannya untuk mencapai kepuasan masyarakat, pengguna SPBE, serta mewujudkan pemerintah yang akuntabel dan layanan yang berkualitas,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: