Honda

Ini 6 Jenis Senjata Tradisional Aceh, Nomor 4 Paling Terkenal

Ini 6 Jenis Senjata Tradisional Aceh, Nomor 4 Paling Terkenal

6 senjata tradisional Aceh, nomor 4 paling terkenal--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Pada kesempatan kali ini kita akan membahas 6 jenis senjata tradisional masyarakat Aceh dan rencong merupakan senjata paling terkenal, yuk simak ulasannnya. 

Senjata tradisional ini pada masa lalu digunakan nenek moyang untuk melindungi diri ketika berperang keperluan berladang atau melawan binatang buas.

Dimana saat ini senjata tradisional telah banyak mengalami pergeseran fungsi baik sebagai pelengkap dalam upacara adat, aksesoris pada pakaian adat atau menjadi souvenir dan benda koleksi. 

1. Pudoi 

BACA JUGA:10 Melodi Gitar Terbaik di Indonesia Tahun 2000 an, Ada Lagu yang Kamu Suka gak?

Pudoi adalah senjata tradisional Aceh yang mirip dengan Rencong perbedaannya adalah pada bagian gagang di mana gagang pudai lebih pendek dan lurus.

Bentuk gagangnya yang pendek dan lurus inilah pudai tampak seperti Rencong setengah jadi.

Nama pudoi ini juga diberikan masyarakat Aceh pasalnya istilah ini adalah sebutan untuk segala bentuk yang belum sempurna alias setengah jadi.

2. Peudeung

BACA JUGA:Berikut 7 Jenis Batu Akik Sesuai Hari Lahir, Bagaimana dengan Kamu?

Peudeung mempunyai bentuk panjang dengan gagang pendek biasanya senjata tradisional ini dipakai sebagai pelengkap dalam suatu pertarungan.

Jika rencong yang berfungsi sebagai alat untuk menikam dipegang dengan tangan kiri maka podung digenggam dengan tangan kanan agar pemakainya bisa mengalihkan perhatian musuh juga dipakai untuk melukai tubuh lawan.

3. Reuduh

Reuduh bentuknya tidak jauh beda dengan golok yang ada di zaman sekarang orang Aceh biasanya menyebut senjata tradisional ini dengan nama rudho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: