Honda

Materialnya dari Eropa, Jembatan di Jawa Barat Berdiri Kokoh Selama 118 Tahun, Namanya?

Materialnya dari Eropa, Jembatan di Jawa Barat Berdiri Kokoh Selama 118 Tahun, Namanya?

Ilustrasi jembatan baja di Jawa Barat yang berdiri kokoh selama 118 tahun-freepik-

PALPRES.COM - Dari tahun ke tahun, kualitas pembangunan infrastruktur di Indonesia terus meningkat.

Seperti halnya pembangunan jembatan sepanjang 300 meter di Jawa Barat.

Dengan menggunakan material dari Eropa, jembatan ini telah berdiri kokoh selama 118 tahun.

Lantas, apa nama jembatan yang telah berusia 118 tahun di Jawa Barat tersebut?

BACA JUGA:PRIMBON JAWA: 7 Sifat Berdasarkan Hari Lahir, Senin Suka Membanggakan Diri dan Keras Kepala, Bagaimana Lainnya

BACA JUGA:Harga Batu Akik Asal Baturaja Sumatera Selatan Ini Setara Kuda Besi, Sampai Sekarang Masih Dicari Kolektor

Diketahui, terdapat pembangunan jembatan di Jawa Barat yang menggunakan material dari Eropa.

Jembatan tersebut diketahui menjadi jalur perlintasan kereta api hingga saat ini.

Akses transportasi antar daerah tersebut bernama Jembatan Cikubang.

Tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahui mengenai sejarah pembangunan infrastruktur di Indonesia.

BACA JUGA:6 Tips Terampuh Usir dan Membasmi Cacing dari Kamar Mandi, Dijamin Ga Bakal Balik Lagi

BACA JUGA:Keren Abis, Cuma Daerah Ini Punya Jembatan Tercanggih di Indonesia, Daerah Lain Ada Gak?

Sebab, hingga saat ini masih banyak infrastruktur yang masih berfungsi dengan pemeliharaan yang baik.

Seperti halnya jalur lintas kereta api yang menghubungkan jalur antar kota ini.

Jembatan Cikubang sendiri merupakan salah satu pembangunan jembatan kereta api yang ada di Jawa Barat.

Jalur perlintasan kereta api ini berlokasi di Padalarang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Oleh-oleh Terkenal Khas Medan, Dari Makanan Hingga Kain Tradisional Wajib Dibawa Pulang

BACA JUGA:Pertama di Indonesia, Proyek Terowongan Bawah Laut di IKN Gunakan Teknologi Modern, Kapan Rampung?

Pembangunannya telah dimulai sejak tahun 1896.

Dimulai dari ruas Batavia menuju Karawang yang rampung dikerjakan tahun 1898.

Akan tetapi, Jembatan Cikubang ini akhirnya rampung pada Mei 1906 ketika pemerintahan Hindia Belanda.

Kontruksi bentang sepanjang 300 meter ini ditopang struktur 11 pilar baja yang beratnya rata-rata 122 ton.

BACA JUGA:Mau Dimudahkan Semua Urusan Dunia dan di Akhirat? Ini Amalan yang Perlu Dilakukan

BACA JUGA:Satu-satunya di Indonesia, Inilah Jembatan Tercanggih di Bangka Belitung, Anggarannya?

Kemudian panjang bentangnya bervariasi antara 12-50 meter.

Faktor utama yang membuat kontruksi jembatan ini kokoh yaitu penggunaa material baja yang didatangkan langsung dari Eropa.

Pemerintah juga tentunya melakukan pemeliharaan penguatan struktur dengan menambah penopang baja.

Bukan itu saja, pembangunan jembatan tersebut juga menjulang 80 meter di atas lembah dan jurang.

BACA JUGA:Besok, Area Proyek Pembangunan Flyover Simpang Sekip Palembang Ditutup 1 Bulan, Kapan Selesai?

BACA JUGA:Warga Sulteng Berbahagia, Jembatan Megah Senilai Rp804 Miliar Bisa Dilintasi, Cek Lokasinya!

Jembatan ini menjadi jalur lintas kereta api dari kawasan Jakarta, Purwakarta, Padalarang hingga Bandung dan sebaliknya.

Demikianlah informasi mengenai pembangunan jembatan kereta api di Jawa Barat yang menggunakan material dari Eropa. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: