Honda

Mimpi Basah di Bulan Ramadan Bisa Membatalkan Puasa? Ini Penjelasannya

Mimpi Basah di Bulan Ramadan Bisa Membatalkan Puasa? Ini Penjelasannya

bagaimana jika mengalami mimpi basah dialami ketika puasa? dan apakah hal itu bisa membatalkan puasa.-kolase freepik-

BACA JUGA:Nathan Tjoe-A-On Diambil Sumpah WNI Hampir Tengah Malam, Kapan Giliran Ragnar dan Thom Haye?

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - كَانَ يُدْرِكُهُ الْفَجْرُ وَهُوَ جُنُبٌ مِنْ أَهْلِهِ ، ثُمَّ يَغْتَسِلُ وَيَصُومُ

Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mendapati waktu fajar (waktu Subuh) dalam keadaan junub karena bersetubuh dengan istrinya, kemudian beliau shallallahu 'alaihi wa sallam mandi dan tetap berpuasa,"

Ketika seseorang yang mengalami mimpi basah saat menjalankan puasa, maka puasanya tidak batal dan tidak perlu meng-qada (membayar fidyah).

Namun, orang tersebut harus segera mandi wajib untuk membersihkan diri dari najis air mani agar bisa melaksanakan salat.

BACA JUGA:Diklaim Lebih Tahan Lama, Garut Gunakan Aspal Plastik Bangun Jalan 50 KM

BACA JUGA:iPhone Jaringan 5G Turun Harga 3 Jutaan Maret 2024, Ini Seri iPhonenya?

Mandi wajib sendiri merupakan mandi dengan niat membersihkan diri dari hadas besar yang disebabkan junub, haid, atau nifas. 

Mandi wajib dapat dilakukan dengan cara memandikan seluruh tubuh dengan air bersih, yang pertama-tama dimulai dari kepala hingga kaki.

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: