Honda

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Ibu yang sedang hamil muda terutama pada trimester kedua dan ketiga biasanya mengalami sakit pinggang --Sumber: Youtube/ Doctors' Circle World's Largest Health Platform

BACA JUGA:4 Trik Rahasia Melihat Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Terdeteksi, Yuk Dicoba!

Namun, hormon ini juga dapat menyebabkan kelembutan dan nyeri pada pinggang.

- Peningkatan Beban pada Tulang Belakang: Pertambahan berat badan dan perubahan pusat gravitasi selama kehamilan dapat meningkatkan tekanan pada tulang belakang dan menyebabkan sakit pinggang.

- Postur Tubuh yang Berubah: Perubahan postur tubuh saat kehamilan, seperti peningkatan lengkungan punggung bawah, dapat menyebabkan stres pada pinggang dan menyebabkan nyeri.

2. Cara Mengatasi Sakit Pinggang saat Hamil Muda

BACA JUGA:5 HP Android dengan Kamera Depan Lebih dari 48 MP, Tampilannya Jernih Cocok untuk Live Streaming

- Istirahat yang Cukup: Memberikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh sangat penting untuk mengurangi ketegangan pada pinggang.

Cobalah berbaring dengan posisi yang nyaman dan gunakan bantal untuk mendukung pinggang.

- Pemanasan dan Peregangan: Melakukan pemanasan dan peregangan ringan sebelum melakukan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot pinggang.

- Pijatan: Meminta bantuan pasangan atau terapis pijat untuk melakukan pijatan pada area pinggang dapat membantu mengurangi nyeri dan ketegangan.

BACA JUGA:Jokowi Sidak Harga Pangan di Pasar Gelugur Rantauprapat, Bentuk Perhatian Pemerintah

- Menggunakan Bantalan atau Sabuk Dukungan: Menggunakan bantalan khusus atau sabuk dukungan pada pinggang dapat membantu mengurangi tekanan pada tulang belakang dan mengurangi sakit pinggang.

- Kompres Hangat atau Dingin: Mengompres area pinggang dengan kantong es atau handuk hangat dapat membantu meredakan nyeri dan mengurangi peradangan.

Jika sakit pinggang saat hamil muda terus berlanjut atau semakin parah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dokter dapat memberikan saran dan pengobatan yang aman untuk ibu hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: