Honda

Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Danau Toba yang Perlu Anda Ketahui

Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Danau Toba yang Perlu Anda Ketahui

Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Danau Toba yang Perlu Anda Ketahui--

PALPRES.COM- Pada konten kali ini kita akan membahas 5 fakta menarik Danau Toba yang merupakan keajaiban alam dan terletak di pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Sumatera Utara.

Danau Toba memiliki luas hingga 1.130 km2 dan dianggap sebagai danau vulkanik terbesar di dunia sekaligus danau terbesar di Indonesia, melansir atlas berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Danau Toba, yuk disimak! 

1. Keragaman fauna 

Danau Toba tergolong oligotrofik maka fauna ikan asli yang terdapat di danau ini juga sangat langka, beberapa jenis ikan yang banyak ditemukan di danau ini antara lain ikan bintik putih, ikan gabus kerdil, ikan gabus belang, ikan lele, Duri perak mutiara, danio dan lain-lain.

BACA JUGA:Dari Cacing Nyale Hingga Ulat Sagu, 7 Kuliner Ekstrem Ini Cuma Ada di Indonesia, Berani Coba?

2. Keragaman flora 

Flora Danau Toba meliputi berbagai jenis fitoplankton macrophyta muncul makrovita terapung dan makrovita terendam, sementara itu pedesaan di sekitarnya merupakan hutan hujan termasuk kawasan hutan pinus tropis Sumatera di lereng Pegunungan yang lebih tinggi. 

3. Ditetapkan sebagai Global Geopark UNESCO 

Danau Toba memiliki kaitan geologis dan warisan tradisi yang tinggi dengan masyarakat lokal khususnya dalam hal budaya dan keanekaragaman hayati berkat itu sejak tahun 2020 Danau Toba pun ditetapkan sebagai salah satu Global Geopark UNESCO.

BACA JUGA:CEK REKENING! Ada Dana Masuk Rp500 Ribu Melalui Bank BRI, Mandiri dan BNI, Bansos PKH Cair Oktober 2023

4. Kedalaman Danau Toba 

Terletak di pegunungan barisan dekat patahan besar Sumatera, Danau Toba memiliki panjang 100 KM dan lebar maksimal 30 km, danau ini terletak di ketinggian 905 meter dan mencapai kedalaman maksimum 55 meter. 

5. Asal usul Danau Toba 

Studi geologi mengungkapkan bahwa kawah yang ditempati danau toba saat ini terbentuk akibat letusan gunung berapi super dahsyat sekitar 69.000 hingga 77.000 tahun yang lalu, letusan gunung berapi super ini mengakibatkan peristiwa perubahan iklim dan merupakan letusan eksplosif terbesar yang pernah dialami bumi dalam 25 juta tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: