Honda

Eksis di Expo HUT ke-44 Dekranas, Stan Gambo Muba Jadi Pusat Perhatian

Eksis di Expo HUT ke-44 Dekranas, Stan Gambo Muba Jadi Pusat Perhatian

Pengunjung Expo produk UMKM binaan Dekranas dan Dekranasda di Pamedan Pura Mangkunegaran tampak antusias mencoba kain produk unggulan masyarakat Bumi Serasan Sekate yakni Gambo Muba-Dinkominfo Muba-

SOLO, PALPRES.COM - Dekranasda Muba turut ambil bagian dan eksis di ajang Expo produk UMKM binaan Dekranas dan Dekranasda di Pamedan Pura Mangkunegaran, 15 hingga 18 Mei 2024.

Even itu digelar dalam rangkaian HUT ke-44 Dekranas di Kota Solo.

Dalam ajang ini, Dekranasda Muba menampilkan produk unggulan masyarakat Bumi Serasan Sekate yakni Gambo Muba.

Kain khas Muba itu dikemas menarik dalam berbagai produk fashion seperti baju, tas, sajadah, sepatu, cangkir, dan selendang.

BACA JUGA:Kenalkan Produk Unggulan Khas Muba Satu Ini di Acara HUT ke-44 Dekranas di Solo

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca 16 Mei 2024, Potensi Hujan Lebat Disertai Petir Mengguyur Sebagian Wilayah Sumsel Hari Ini

Produk Gambo Muba dibawah binaan Ketua Dekranasda Muba Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi, dalam even nasional ini terbukti menarik minat banyak pengunjung dan antusiasme membeli produk Gambo Muba.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba Azizah yang juga Ketua Harian Dekranasda Muba, mengatakan bahwa gelaran produk Gambo Muba dalam skala nasional kali ini merupakan bagian dari promosi yang dilakukan Pemkab Muba.

Gelaran ini sekaligus membantu para perajin Gambo Muba memasarkan karya mereka. 

Lewat event seperti ini, kata Azizah, pemerintah mendorong perajin Gambo Muba terus meningkatkan kualitas produksi serta memperkaya kreativitas produk.

BACA JUGA:Yamaha Byson 2024 Bangkit Lagi, Banyak Perubahan Signifikan dengan Tambahan Fitur Kekinian

BACA JUGA:Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Greduate Jurusan Apapun dari Perusahaan Global Danone Indonesia

Baik dari sisi pengembangan motif maupun varian produk turunan kerajinan lainnya.

"Alhamdulillah, stand kita ramai dikunjungi, lebih dari seratus pengunjung setiap harinya, semuanya tertarik pada produk Gambo Muba," kata Azizah, Rabu 15 Mei 2024.  

Dikatakannya, dalam even ini Dekranasda Muba turut serta memboyong para pengrajin untuk membawa langsung produk-produk mereka.

Perlu diketahui Expo di Pura Mangkunegaran tersebut diikuti 257 stand kerajinan kebanggaan Indonesia, stand kuliner nusantara, dan layanan konsultasi pembinaan bagi para perajin.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Wilayah Palembang dan Sekitarnya Hari Ini 16 Mei 2024

BACA JUGA:Inilah 7 Sekolah TK Termahal di Jakarta, Bayar SPP Serasa Membeli Tanah

Turut meramaikan Expo tersebut, hadirnya panggung hiburan musik yang diisi artis ternama.

Sebelumnya, Dekranasda Muba mempromosikan Produk Unggulan Gambo Muba pada Expo Dewan Kerajinan Nasional, yang digelar juga dalam rangka Puncak Peringatan Syukuran Hari Ulang Tahun ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Hotel Alila Kota Surakarta (Solo), Provinsi Jawa Tengah, Rabu 15 Mei 2024.

Kegiatan ini dihadiri langsung Pembina Dekranas Iriana Joko Widodo bersama Ketua Umum Dekranas Hj. Wury Ma'ruf Amin.

Dalam kesempatan itu, hadir Ketua Dekranasda Kabupaten Musi Banyuasin Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi.

BACA JUGA:Kawanan Hewan Ternak di Kecamatan Babat Toman Berhasil Dikandangkan Satpol PP Muba, Ini Jumlahnya

BACA JUGA:Ketua DPRD Muba Terima LHP Tahun Anggaran 2023 Bersama Pj Bupati Muba

Lalu, Pengurus Pusat Dekranas Ibu Tri Tito Karnavian serta seluruh Ketua Dekranasda Provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Dalam Acara yang bertajuk “Tumbuh Bersama, Majukan Warisan Bangsa” ini Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi didampingi oleh Kepala Dinas Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba Azizah SSos MSi yang sekaligus sebagai Ketua Harian Dekranasda Muba.

Disela kegiatan tersebut, Ketua Dekranasda Muba Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi menyampaikan selamat HUT ke-44 Dekranas Tahun 2024.

"Dekranasda merupakan organisasi yang berfungsi sebagai pembinaan serta fasilitator bagi UMKM yang ada di Kabupaten Muba, dalam mengembangkan Potensi daerah khususnya di bidang kerajinan," ungkapnya.

BACA JUGA:IKN Sedot APBN Rp90,4 Triliun, Segini Progres Hunian ASN di Kalimantan Timur

BACA JUGA:Umpan Mancing Nila Pakai Racikan Pelet, Dijamin Pasti Ikan Ngumpul

Ia berharap di HUT ke-44 Dekranas ini, pelaku usaha di Muba terus berkembang sehingga produk kerajinan dapat bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

"Semoga dengan mengikuti kegiatan ini produk-produk unggulan kerajinan kita, khususnya Gambo Muba dapat bersaing di tingkat nasional bahkan internasional," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinkominfo muba