Honda

Deretan Jenis Batu Akik Paling Disukai Kolektor di Tahun 2024, Cek Mana yang Anda Suka

Deretan Jenis Batu Akik Paling Disukai Kolektor di Tahun 2024, Cek Mana yang Anda Suka

Deretan Jenis Batu Akik Paling Disukai Kolektor di Tahun 2024 Cek Mana yang Anda Suka --

PALPRES.COM- Sejumlah penghobi dan kolektor memprediksi ada 15 jenis batu akik bakal bersinar pada tahun 2024. 

Meski fenomenanya tidak seramai pada tahun 2015, tapi antusias masyarakat terhadap batu akik di Indonesia tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya.

Jika anda belum ada koleksi batu-batu akik tersebut, maka sebaiknya dari sekarang segera mencari dan mendapatkannya sebelum harganya naik.

Nah berikut ini kita akan membahas 15 jenis batu akik diprediksi bersinar pada tahun 2024, yuk simak ulasannya.

BACA JUGA:3 Jenis Batu Akik Baturaja Sumatera Selatan Paling Dicari Kolektor Luar Negeri, Cek Faktanya 

1. Berlian

Batu permata berlian merupakan batu permata paling populer di dunia, berlian sangat indah yakni kesetiaan kemurnian cinta yang abadi serta kekayaan.

2. Indocrase Neon Aceh

Penyebutan batu akik indocrase neon karena warna solar di bahan batu akik ini sedikit lebih lembut dan warnanya tidak tegas seperti batu akik jenis indocrase lainnya.

BACA JUGA:8 Batu Akik Terlangka dan Termahal di Dunia Jadi Pilihan Kolektor, No 3 Pernah Digunakan Presiden Soekarno

Batu akik solar neon lebih cendrung kepada kristalnya, sehingga juga muncul fenomena change colour.

3. Aquamarine

Nama batu akik Aquamarine berasal dari bahasa latin aquamarina yang artinya air laut, nama ini sangat cocok dengan warna batu yang biru jernih.

Konon dahulu kala batu ini kerap dijadikan jimat keberuntungan untuk melindungi seseorang menempuh perjalanan laut, makna yang dikandungnya sendiri adalah keberanian kebahagiaan hidup serta keberuntungan.

BACA JUGA:Berikut Ini 7 Jenis Batu Akik Termasuk Paling Mahal di Dunia Lengkap dengan Harganya

4. Garnet

Jenis batu yang satu ini dipercaya dapat melindungi dan juga mengurangi pengaruh racun, dimana lebih dari itu, garnet juga diyakini bisa menyembuhkan masalah emosi serta menyeimbangkan sistem energi.

Batu ini dibilang sangat pas untuk dikenakan oleh wanita yang tengah putus asa karena dapat memperkuat energi kehidupan.

Adapun yang menarik dari batu ini ialah kerlipan cahayanya yang begitu tajam, terutama pada jenis pyrope almandite. Meskipun ukuran batunya dibuat kecil, namun kilaunya mampu membuat semua mata terhipnotis untuk meliriknya.

BACA JUGA:8 Jenis Batu Akik Indonesia Paling Disukai Masyarakat, Nomor 3 Berasal dari Karawang

5. Bacan

Batu Bacan sering disebut juga dengan istilah batu gioknya Indonesia, batu ini merupakan batu paling banyak diminati terutama saat trend batu akik sedang populer, batu ini memiliki nama ilmiah chrysocola.

Jenis batu bacan termahal sangat diminati para pecinta batu akik, nama bacan diambil dari nama pulau tempat dimana batu tersebut diperjual belikan, yaitu pulau Bacan yang terletak di Kabupaten Halmahera Selatan provinsi Maluku Utara.

Dulu batu ini merupakan batu perhiasan penting pada masa Kesultanan Bacan Jailolo Tidore dan Ternate.

BACA JUGA:Jangan Pakai 6 Jenis Batu Akik Ini Kalu Tidak Kuat Mental, Makhluk Gaib di Dalamnya Bikin Gemetar

Batu bacan termahal bisa dihargai hingga puluhan juta rupiah, jenis batu bacan termahal ini dipatok berdasar kualitas tingkat kristal dan juga warna keunikannya.

6. Kalimaya

Batu akik Kalimaya merupakan batu mulia yang hanya ditemukan di wilayah Banten khususnya di dua kecamatan yang ada di wilayah Lebak, yakni Kecamatan Maja dan Sajira sekitar 2 km dari Rangkasbitung.

7. Red Raflesia

BACA JUGA:Inilah Manfaat Batu Akik Bulu Monyet yang Disukai Oleh Kolektor, yuk Lihat Penampakannya

Red Raflesia red Rafflesia atau disebut juga cempaka merah, batu akik dari Bengkulu ini semakin digemari sehingga harganya pun semakin tinggi, bahkan dalam beberapa bulan terakhir ini bahan batu akik renaflesia ini semakin sulit ditemui.

Batu akik Rafflesia ini memiliki beberapa bagian warna diantaranya berwarna kuning orange dan putih, tetapi biasanya batu akik Rafflesia berwarna merah yang paling dicari dan kini mulai langka bahkan disebut-sebut batu akik red applesia kini mulai menyaingi batu akik bacan.

8. Bio Solar

Pada batu akik jenis bior solar masih dominan warna coklat, tapi sedikit terdapat bias-bias warna hijau atau coklat kehijauan.

BACA JUGA:Sering Dipakai Presiden Soekarno, Khasiat Batu Akik Jenis Ini Bisa Mendatangkan Kekayaan Hingga Pengobatan

Perpaduan bias warna tersebut dapat dilihat secara kasat mata yang merupakan gabungan antara warna coklat dan hijau.

Corak dan warnanya hampir sama dengan indocrase  solar lumut, tapi indocrase bio solar polos tanpa adanya unsur lumut di dalamnya.

9. Zamrud

Zamrud merupakan batu akik atau batu mulia yang sangat indah serta memukau, adanya kandungan kromium dan vanadium membuat timbulnya warna hijau pada batu ini membuatnya semakin cantik.

BACA JUGA:Ini Cara Mengetahui Batu Akik Badar Besi Asli Atau Palsu, Nomor 2 Pakai Getah Pepaya

Banyak yang meyakini penggunaan zamrud akan menghadirkan reputasi baik serta kemakmuran, batu Zamrud pun diyakini dapat memberi ketenangan batin dan juga menguatkan memori.

10. Turquoise

Batu akik turquoise memiliki makna keberuntungan kesuksesan kebaikan serta kekuatan tampilannya sangat cantik dengan warna biru hingga biru muda, jenis batu ini juga sangat cocok untuk perhiasan wanita.

11. Topaz

BACA JUGA:Ini Batu Akik Gambar Presiden Soekarno, Mau Tahu gak? yuk Lihat Faktanya

Batu permata Topaz umumnya memiliki warna jingga merah muda dan bermakna cinta kesukaan serta kehangatan sebagai catatan citrina juga termasuk batu kelahiran untuk bulan satu ini.

12. Black Opal

Nama opal berasal dari bahasa Latin opalus yang bermakna permata berharga.

Batu ini sangat unik karena memiliki beragam warna dalam satu batu makna yang dimilikinya adalah kepercayaan diri keimanan serta kecintaan.

BACA JUGA:Konon Batu Akik Asal Sumatera Selatan Ini Bisa Bikin Pinter, yuk Cek Fakta Disini

Batu akik black opal banyak ditemui di Banten, dan batu ini sangat diminati kolektor sampai saat ini.

13. Safir

Safir memiliki warna yang beragam namun yang paling terkenal adalah warna biru tua.

Kekuatannya setara dengan rubi, sehingga kerap digunakan untuk pembuatan kaca pelindung pada jam tangan makna batu ini adalah keberuntungan ketulusan kesucian serta kebijaksanaan.

BACA JUGA:Cek Fakta: Ini 5 Manfaat Batu Akik Yaman Wulung, Nomor 5 Cocok Untuk Pemimpin Masa Depan

14. Pancawarna

Batu akik pancawarna batu aki pancawarna termasuk jenis batu akik dan sudah melegenda sebagai batu pancawarna yang dianggap memiliki tua khasiat.

Batu cincin pancawarna dipercaya dapat meningkatkan karismatik dan kewibawaan bagi penggunanya saat ini banyak orang yang demam mengkoleksi berbagai jenis batu akik.

15. Giok

BACA JUGA:Fenomena Menarik Batu Akik Sisik Naga, Warna dan Motifnya Buruan Kolektor

Batu Giok adalah batu yang sangat kuat yang sering digunakan sebagai perhiasan, awalnya batu giok digunakan sebagai senjata seperti kepala kapak karena kekuatannya.

Namun seiring berjalannya waktu batu giok digunakan untuk perhiasan hingga pajangan banyak orang mengetahui bahwa batu Gio berwarna hijau.

Tahukah anda ternyata batu giok tidak hanya berwarna hijau, tapi memiliki beragam warna seperti hijau putih Ungu kuning biru hitam merah bahkan abu-abu.

Itulah 15 jenis batu akik diprediksi bakal bersinar pada tahun 2024, semoga informas ini bermanfaat dan terima kasih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: