Honda

Bupati Ogan Ilir Pantau Arus Balik Lebaran 2024

Bupati Ogan Ilir Pantau Arus Balik Lebaran 2024

Bupati Ogan Ilir Pantau Arus Balik Lebaran 2024--

INDRALAYA, PALPRES.COM- Turun ke Jalan Tol Palembang-Indralaya-Prabumulih, Senin 15 April 2024, Bupati Panca lakukan pemantauan arus balik lebaran 2024.

Dalam giat ini, Bupati Ogan Ilir didampingi Forkompinda dan sebagain Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir.

Yang menjadi sasaran Bupati Ogan Ilir ini Pos pelayanan dan pengamanan jalan Tol Palembang-Indralaya-Prabumulih tepatnya di KM 56 dan pintu Tol Keramasan.

"Pemantauan arus bali lebaran ini untuk memastikan jalur arus balik dari Kota Palembang menuju kota-kota lainnya yang melintasi wilayah Kabupaten Ogan Ilir dapat berlangsung aman, nyaman dan seluruh pengendara tidak menemukan kendala-kendala yang berarti," tuturnya.

BACA JUGA:Safari Ramadan di Masjid Ar-Rohmah Payaraman Ogan Ilir, Wabup Ardani Sampaikan Ini

Menurut Bupati Panca, hasil pemantauan hari ini arus balik lebaran 2024 terlihat lancar dan aman.

"Alhamdulillah, kita dapat lihat arus mudik pada saat sebelum lebaran kemarin dibeberapa tidak tidak ada yang signifikan hambatan-hambatan, baik kemacetan dan lain-lain," paparnya.

"Apalagi Insyallah pada saat jalur kembali, karena biasanya intensitas atau puncak-puncaknya itu adalah sebelum lebaran atau mudik," sambungnya.

Dimana katanya, pada saat setelah lebaran ini kemungkinan bisa dipastikan tidak sepadat jalur mudik kemarin.

BACA JUGA:Mendadak! Sekda Pemkab Ogan Ilir Jadi Imam Masjid Agung An-Nur

"Tapi kita tetap harus memastikan di lapangan, bahwa hal-hal yang teknis dan lain-lain tidak menjadi hambatan bagi seluruh warga yang ingin kembali lagi dan memulai aktivitas bekerja," tukasnya.

Sebelumnya, guna menyambut arus balik lebaran 2024 atau idul Fitri 1445 hijriah, Polres Kabupaten Ogan Ilir "rapat barisan", Jumat 12 April 2024 di halaman Mapolres Ogan Ilir.

Rapatkan barisan ini maksudnya menggelar apel siaga terhadap personil yang terlibat dalam pengamanan lebaran ya g dipimpin langsung Kapolres Ogan Ilir, AKBP Andi Baso Rahman.

"Diprediksi 3 hari setelah perayaan hari raya lebaran idul Fitri 1445 H hari ini Jumat 12 April 2024 akan mulai adanya arus balik oleh masyarakat yang telah usai berlebaran di kampung nya masing-masing untuk kembali lagi beraktivitas seperti biasanya," ungkap Kasi Humas Polres, AKP Herman.

BACA JUGA:Wakil Bupati Ogan Ilir Lakukan Monitoring Pasar Murah di Dua Kecamatan

Potensi Volume kendaraan yang melintas akan tinggi di Jalan Lintas Timur atau Jalintim Palembang-Indralaya.

"Apel siaga arus balik ini sendiri bertujuan untuk mengantisipasi berbagai kerawanan yang terjadi selama pelaksanaan lebaran dan arus balik," katanya.

Dimana katanya, seperti rawannya terjadi kecelakaan lalulintas dan kemacetan di simpul simpul tertentu. "Contoh di persimpangan ruas jalan yang mengalami penyempitan," imbuhnya.

Untuk pemantauan arus balik ini sendiri disampaikan oleh Kapolres Ogan Ilir Polres Ogan Ilir, AKP Andi Baso akan menempatkan personil Polres Ogan Ilir dan anggota Polsek jajaran.

BACA JUGA:Polres dan Pemkab Ogan Ilir Bahas Operasi Ketupat Musi 2024

"Seperi pemantauan arus akan di laksanakan di wilayah Polsek Tanjung Raja yang berbatasan dengan kabupaten OKI dan Polsek pemulutan yang berbatasan langsung dengan kota Palembang," terangnya.

Dalam pengamanan arus balik ini Polres Ogan Ilir melibatkan sebanyak 127 personil yang terdiri dari anggota polres dan Polsek jajaran.

"Kita juga akan melakukan penyekatan terhadap kendaraan yang memiliki sumbu roda tiga keatas atau kecuali kendaraan yang membawa sembako dan BBM," tuturnya.

Dan apabila terjadi kepadatan di ruas-ruas jalan tertentu pihak Polres juga telah menyiapkan beberapa kantong parkir.

BACA JUGA:Inilah Batu Akik yang Memiliki Khasiat Pagar Gaib Konon Bisa Mendatangkan Rezeki dari 3 Penjuru

"Kantong parkir kita siapkan di km 27 di rumah makan tiga saudara dan KM 31 Di rumah makan Tua siang malam sebelum simpang KM 32 Ogan Ilir," bebernya.

Untuk itu Kapolres Ogan Ilir mengharapkan kepada jajarannya agar selalu waspada dan memonitor perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah hukum polres Ogan Ilir, untuk selalu siap melaksanakan tugasnya sebagai anggota Polri.

"Sampaikan komunikasi dan informasi yang baik kepada masyarakat berkaitan dengan arus mudik lebaran demi terciptanya situasi kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif," harapnya.

Selain itu lanjutnya, lakukan koordinasi dengan instansi terkait apabila terjadi kemacetan dan laka lantas segera datangi TKP.

BACA JUGA:Bupati Panca Buka Musrenbang, Yuks Lihat Apa yang Menjadi Priotas Pembangunan di Ogan Ilir

"Bantu masyarakat yang memerlukan kehadiran anggota Polri selama pelaksanaan operasi ketupat tahun 2024," tukasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: