Honda

1.544 Kasus Berhasil Diselesaikan Polda Sumsel pada Triwulan Pertama Tahun 2024

1.544 Kasus Berhasil Diselesaikan Polda Sumsel pada Triwulan Pertama Tahun 2024

Palembang, Kapolda Sumsel diwakili Wakapolda Brigjen Pol M. Zulkarnain, SIK, MSi membuka Kegiatan Sinergitas Mitra Kamtibmas dalam pencegahan Kamtibmas dan mitigasi bencana bersama Mitra Polri di Ballroom Hotel Beston Palembang, Rabu 22 Mei 2024 --Humas Polda Sumsel

PALEMBANG, PALPRES.COM – Sebanyak 1.544 kasus berhasil diselesaikan oleh Jajaran Polda Sumsel pada Triwulan Pertama Tahun 2024.

Ini merupakan bentuk upaya Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel dalam menjaga dan menciptakan kamtibmas yang kondusif di wilayah Sumatera Selatan.

Oleh karena itulah, Polda Sumsel terus membangun sinergitas mitra yang ada.

Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK yang diwakili oleh Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain SIK MSi mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan yang lakukan mitra jajaran Polri dan juga narasumber.

BACA JUGA:Anggota DPR Yakin Polisi dapat Tuntaskan Kasus Vina: Jangan Terprovokasi!

BACA JUGA:Minta Dukungan dan Support Polda Sumsel, Badko HMI Akan Laksanakan Musda XXVII serta Musdako

Hal ini diungkapkan Wakapolda dalam kegiatan Sinergitas Mitra Kamtibmas dalam pencegahan Kamtibmas dan mitigasi bencana bersama Mitra Polri.

Kegiatan ini berlangsung di Ballroom Hotel Beston Palembang, Rabu 22 Mei 2024. 

Dalam sambutannya, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M, Zulkarnain, SIK, MSi, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pada narasumber dan segenap Mitra jajaran Polri yang berkesempatan hadir dalam kegiatan tersebut. 

“Kita ketahui bersama kamtibmas yang kondusif merupakan kondisi yang sangat diharapkan dan didambakan oleh seluruh lapisan masyarakat perkotaan sampai dengan ke pedesaan.

BACA JUGA:170 Ribu Benih Lobster Gagal Diselundupkan, Polda Sumsel Amankan 2 Orang Tersangka Warga Bengkulu

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Hadiri Syukuran Hari Jadi Pemprov Sumsel ke 78

Menciptakan kamtibmas yang kondusif tentunya bukan menjadi tanggung jawab Polri semata.

Akan tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama dalam menjaga dan menciptakan kamtibmas yang kondusif,” ujarnya.

Diungkapkannya, selama Triwulan Pertama tahun 2024, berdasarkan anev kamtibmas jumlah tindak pidana yang terjadi di Provinsi Sumsel sebanyak 3.357 kasus.

Sedangkan perkara yang dapat diselesaikan oleh jajaran Polri sebanyak 1.544 Kasus. 

BACA JUGA:Pimpin Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 116, Kapolda Sumsel: Kemerdekaan Ini Jasa Para Pahlawan!

BACA JUGA:Personel dan ASN Polda Sumsel Jalani Pemeriksaan Kesehatan Berkala 2024

Adapun jenis kejahatan yang mendominasi di Sumsel adalah curat, curas, curanmor.

Dimana rentan waktu terjadinya kejahatan tersebut yaitu berkisar antara pukul 00.00 WIB s.d pukul 05.00 WIB. 

“Selain itu, gangguan kamtibmas lainnya yang menjadi perhatian kita bersama yaitu aksi tawuran dan balap liar yang terjadi di kota Palembang.

Gangguan kamtibmas ini merupakan beban pekerjaan kita bersama dalam mengeliminir dan menekan angka kejahatan yang terjadi,” paparnya.

BACA JUGA:Gudang dan Lokasi Penyulingan Minyak Ilegal di Banyuasin dan Muratara Dibongkar Tim Gabungan TNI Polri

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Datangi Kawasan Sentra Illegal Drilling di Babat Toman Muba, Komitmen Akan Tindak Tegas

Untuk itulah dirinya berharap agar seluruh komponen masyarakat memiliki peranan masing-masing baik dalam melakukan kegiatan preemtif dan preventif guna mencegah hal tersebut terjadi.

Selama Triwulan Pertama tahun 2024, jajaran Polda Sumsel telah melakukan berbagai kegiatan pencegahan dengan melakukan kegiatan operasi kepolisian Sikat 1 Musi 2024.

Juga meningkatkan kegiatan KRYD, melaksanakan patroli berskala besar khususnya pada malam hari libur yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran wilayah Polda Sumsel.

Jajaran Polda Sumsel menitikberatkan menyisir lokasi lokasi yang memiliki potensi kerawanan tinggi, upaya ini diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat serta menekan aksi para pelaku kejahatan.

BACA JUGA:Kunjungi Polda Sumsel, Tim Slog Polri Optimalkan Pemanfaatan Aplikasi ‘Siada Baja’

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo Komitmen Tindak Tegas Illegal Drilling dan Illegal Refinery

Dalam Kesempatan tersebut Mantan Dirreskrimsus Polda Sumsel menyampaikan bahwa Provinsi Sumsel juga merupakan wilayah yang rawan terjadinya banjir, tanah longsor dan kebakaran hutan dan lahan.

“Kondisi ini juga menjadi perhatian kita bersama dalam upaya pencegahan dan penanggulangannya.

Bencana yang terjadi memang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor alam dan non alam atau ulah manusia yang tidak patuh hukum.

Sehingga menyebabkan terjadinya bencana alam seperti banjir dan karhutlabun,” katanya.

BACA JUGA:Kapolda Sumsel: Truk ODOL Ancaman Keselamatan dan Tantangan Pengawasan

BACA JUGA:Warga Desa Rawang Besar Ditemukan Tak Bernyawa, Adik Kandung Korban Temukan Benda Tak Terduga Ini

“Kami sangat menyadari bahwa dengan keterbatasan yang ada pada Polri baik sumber daya manusia, anggaran maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Maka melalui forum ini kami sangat mengharapkan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat, para komunitas dan ormas untuk bersama-sama menjaga dan memelihara kamtibmas.

Tentunya dengan meningkatkan sinergitas mitra kamtibmas dalam pencegahan kriminalitas dan upaya mitigasi bencana di Provinsi Sumsel.

Selain itu kami juga mengharapkan kepada seluruh mitra Polri untuk dapat menjalin komunikasi yang aktif kepada jajaran Polri setempat.

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Hadiri Rapat Paripurna Peringatan HUT Provinsi Sumsel ke 78

BACA JUGA:Bidhumas Polda Sumsel Jembatan antara Polisi dan Media, Hasilkan Informasi ke Masyarakat

Baik itu pada Polda maupun Polres/tabes jajaran dengan memberikan informasi terkait gangguan kamtibmas, pencegahan, mitigasi dan komunikasi darurat.

Ini merupakan langkah penting dalam mempersiapkan mitra polri dalam membantu mengantisipasi potensi terjadi baik kamtibmas maupun bencana alam (karhutla dan banjir),” imbuh Alumni Akpol 94 ini.

Untuk itulah, Wakapolda meminta kepada seluruh peserta kegiatan sinergitas mitra kamtibmas dalam pencegahan kriminalitas dan mitigasi bencana kepada mitra polri.

Dirinya berharap agar kegiatan ini diikuti dengan sebaik-baiknya dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan.

BACA JUGA:Polda Sumsel Musnahkan Barang Bukti 432 Kg Mie Kuning Berformalin

BACA JUGA:Polda Sumsel Berduka, Perwira Polwan Iptu Yuni Haryaztuti Tutup Usia

‘Saya mengharapkan agar dapat mengikuti kegiatan dengan ini dengan sebaik-baiknya guna menambah pengetahuan, wawasan dan kesiapsiagaan mitra polri dalam pencegahan kriminalitas dan mitigasi bencana yang dimungkinkan terjadi,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut PJU Polda Sumsel, Kepala BPD Provinsi Sumsel Diwakili Ansori S,Sos,Dinas Kominfo Provinsi Sumsel H.Imansyah Wibowo serta dari Perwakilan Senkom,Orari ,Rapi, serta ojek online dan sinergitas mitra Kamtibmas lainnya

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: