Honda

Pj Bupati Muba Pimpin Langsung Upacara Peringatan Hari Baden Powell ke-167 di Lalan

Pj Bupati Muba Pimpin Langsung Upacara Peringatan Hari Baden Powell ke-167 di Lalan

Pj Bupati Muba Sandi Fahlevi memberikan bantuan kepada salah satu perserta di Kecamatan Lalan.-Kominfo Muba For Palpres.com-

SEKAYU, PALPRES.COM- Upacara Peringatan Hari Baden Powell ke-167 sekaligus Pembukaan Kegiatan Geladian Pimpinan Satuan (DIANPINSAT) Penegak Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin Tahun 2024.

Dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Sukajadi Kecamatan Lalan, Rabu 29 Mei 2025.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi selaku Majelis Pembimbing Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Muba.

BACA JUGA:Pj Bupati Muba Tinjau Jalan Penghubung di Kecamatan Lalan, Ini Arahannya

BACA JUGA:Berikut Jumlah Perolehan Kursi Parpol dan Nama Anggota DPRD Muba Terpilih Periode 2024-2029

Dalam amanatnya, H Sandi Fahlepi menyebutkan Baden Powell atau Robert Stephenson Smyth Baden Powell dalam sejarah berdirinya gerakan kepanduan dunia adalah seorang angkatan darat di Inggris, yang lewat pemikirannya membentuk gerakan pendidikan bagi anak-anak dan remaja diluar lingkungan keluarga dan sekolah.

Gerakan pendidikan ini pertama kali digagas di Inggris pada tahun 1907, kemudian  berkembang pesat diberbagai negara termasuk Indonesia.

"Membangun dunia yang lebih baik merupakan warisan yang sangat berharga yang telah diwariskan oleh Baden Powell melalui pendidikan kepanduan.

Oleh sebab itu kelahiran beliau tanggal 22 Februari ditetapkan sebagai hari Baden Powell," ujarnya.

BACA JUGA:Warga Mengadu ke Pemkab Muba, Ini Sambutan Pj Bupati Sandi Fahlevi

BACA JUGA:Panen Ribuan Ton Kelapa Sawit, KUD Barokah Jaya Membuktikan Sukses Jalankan Program PSR

Dikatakannya, peringatan Baden Powell ini seyogyanya dilaksanakan pada bulan Februari lalu namun baru bisa terlaksana bersamaan dengan pembukaan DIANPINSAT, yang secara langsung sebagai penerapan pesan-pesan yang disampaikan oleh Baden Powell.

"Melihat pelaksanaan kegiatan yang berkesinambungan seperti ini saya rasa walaupun tertunda selama dua bulan, tentunya tidak akan mengurangi makna dari peringatan Baden Powell itu sendiri. 

Saya selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang yang baru saja dilantik sebagai Pj Bupati Muba berharap kerjasama dalam mengembangkan gerakan pramuka supaya lebih maju lagi," tandasnya.

Ketua Panitia Pelaksana dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Muba Junaidi SH MH menuturkan tujuan diadakannya kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenal lebih dekat Baden Powell, serta membangun bersama kreatifitas dan membekali kepemimpinan bagi pramuka penegak.

BACA JUGA:Lapas Sekayu Perkuat Keamanan Tembok dengan Kawat Silet, Ini Tujuannya

BACA JUGA:Sambil Menangis, Puluhan Bidan di Muba Ngadu ke Sekda Apriyadi, Ini Masalahnya

"Upacara Upacara Peringatan Hari Baden Powell ke-167 dilaksanakan 29 Mei, sedangkan untuk Geladian Pimpinan Satuan selama dua hari pada tanggal 29-31 Mei 2024, di Desa Suka Jadi Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Lalan," pungkas Junaidi.

Kegiatan turut dihadiri Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Muba Musni Wijaya SSos MSi, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Muba, Camat Lalan Jaminan, SPd MSi, serta para pengurus Kwarcab dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kabupaten Muba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: