Honda

Kolaborasi Dispusip dan Dinkominfo Muba segera Terapkan Aplikasi Srikandi

Kolaborasi Dispusip dan Dinkominfo Muba segera Terapkan Aplikasi Srikandi

Aplikasi SRIKANDI Diterapkan di Seluruh Pemerintah Desa/Kelurahan Kabupaten Muba.-Kominfo Muba For Palpres.com-

*Aplikasi Srikandi Diterapkan di Seluruh Pemerintah Desa/Kelurahan Kabupaten Muba

SEKAYU, PALPRES.COM - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi SRIKANDI Tingkat Desa/Kelurahan. 

Acara berlangsung di Ruang Layanan Komputer Dispusip Kabupaten Muba, Rabu 5 Juni 2024.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Muba Sunaryo SSTP MM mengatakan bahwa, Pemkab Muba terus mengupayakan pengimplementasian pelayanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik.

Salah satunya di bidang kearsipan melalui pemanfaatan Aplikasi Sistem Kearsipan Berbasis Elektronik yang dinamakan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). 

BACA JUGA:Implementasi Aplikasi Srikandi dan TTE Terus di Jalankan Dilingkungan Pemkab Muba

"Penerapan Aplikasi yang berlaku secara nasional ini terus di masifkan oleh Dispusip dan Dinkominfo Muba kepada seluruh OPD dan seluruh Kecamatan yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muba.

Bahkan dengan dimulainya Bimtek hari ini, maka akan diterapkan sampai Ke Level Pemerintah Kelurahan/Desa,"bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP melalui Kepala Bidang Persandian Jerry Rinoldy ST MT mengatakan, penerapan Aplikasi SRIKANDI di Seluruh Pemerintah Desa/Kelurahan akan di Mulai pada Bulan Agustus 2024 sekaligus dengan 2 Tahun Penerapan Aplikasi SRIKANDI di Pemkab Muba.

Adapun materi  yang akan diberikan yaitu.

BACA JUGA:Ini Cara Pemkab Muba Memaksimalkan Aplikasi Srikandi dan e-Office, Mantap!

1. Materi penerapan Aplikasi SRIKANDI Desa/Kelurahan di Pemkab Muba.

2. Praktek Pembuatan Akun SRIKANDI Desa/Kelurahan yang meliputi:

- Input Unit Kerja

- Input Jabatan

BACA JUGA:Penerapan Aplikasi Srikandi di Muba sampai ke Level Desa, Ini Apresiasi Kepala ANRI

- Input User Pengguna

- Input User Pencatat Surat dan Materi

- Sertifikat TTE bagi Kepala Desa/Lurah

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musi Banyuasin, terus mengupayakan pengimplementasian pelayanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik.

BACA JUGA:Ini Alasan Desa se Kecamatan Bayung Lencir Pakai Aplikasi Srikandi

Salah satunya di bidang kearsipan, melalui pemanfaatan Aplikasi Sistem Kearsipan Berbasis Elektronik yang dinamakan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). 

Penerapan aplikasi yang berlaku secara nasional ini terus dimasifkan oleh Dispusip dan Dinkominfo Muba, kepada seluruh OPD dan seluruh Kecamatan yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muba sampai ke level Pemerintah Desa.

Alhasil, Kecamatan Bayung Lencir, sebagai salah satu kecamatan yang telah mengimplementasikan dan menjalankan Aplikasi Srikandi sampai level desa, diundang Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) ke Jakarta.

BACA JUGA:Aplikasi SRIKANDI Permudah Tata Kelola Kearsipan

Kepala ANRI pun mengapresiasi kinerja Kecamatan Bayung Lencir dan desa yang telah menerapkan aplikasi ini, dan juga yang pertama di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: