Honda

Jokowi Kurban Sapi Bule Ras Simmental di Palembang, Bobotnya Ternyata Segini

Jokowi Kurban Sapi Bule Ras Simmental di Palembang, Bobotnya Ternyata Segini

Presiden Jokowi kurban Sapi. Inilah tampang Sapi Ras Simmental dari Swiss yang akan jadi Hewan kurban di Palembang--

 

PALEMBANG, PALPRES.COM - Presiden Jokowi kurban Sapi di PALEMBANG pada Idul Adha 1445 Hijriyah/tahun 2024, Hewan ternak yang dipilih Bapak Jokowi bernama Bule, Seekor Sapi Ras Simmental yang bobotnya mencapai 1,1 ton.

seekor sapi bernama bule dengan jenis simmental dengan bobot 1,1 ton ini adalah milik seorang peternak bernama Muhammad Aidil Fitriansyah.

Sapi ini terpilih untuk dijadikan hewan kurban Presiden Joko Widodo di Palembang pada hari Raya Iduladha 1445 Hijriah nanti.

Sapi ini diberikan penawaran oleh peternak dengan harga mencapai 125 juta Rupiah.

BACA JUGA:Cara Daftar Bansos PKH dan BPNT Pada Juni 2024, Simak Penjelasan Lengkapnya!

BACA JUGA:Polemik Salam Lintas Agama, Ini 5 Sikap dan Rekomendasi dari BPIP

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Selatan Rahmat Mulia Harahap mengatakan bahwa sapi Presiden Jokowi ini sudah memenuhi sejumlah syarat dan syariat Islam yang diminta tim sekretariat presiden

"Umur sapi ini sudah masuk, jadi kalau dari segi umurnya sudah sesuai dengan syarat hewan kurban yaitu harus berusia dua tahun lebih, Sapi ini sudah berusia lebih dari dua tahun."

Rahmat Mulia Harahap menambahkan, "Sapi ini tidak ada cacat, baik itu cacat bawaan atau cacat belakangan yang datang seperti matanya buta atau mungkin ada bagian tubuh yang tidak lengkap atau kurang sempurna seperti pincang atau ada luka yang memang secara aturan atau syariat nggak bisa diterima, tapi Sapi ini dalam uji performa dan uji kesehatannya sudah lolos"

Sementara itu Muhammad Aidil Fitriansyah selaku pemilik sapi mengatakan terpilihnya sapi miliknya membuatnya merasa sangat bahagia.

BACA JUGA:Mengapa Kucing Suka Memperlihatkan Bokongnya? Rupanya Ini Alasannya

BACA JUGA:Psychometic Adakan Kegiatan POTIC, Demi Tingkatkan Kualitas Tulisan Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

Sapi dengan bobot 1,1 Ton Ini diberi nama bule karena merupakan nama pemberian dari sang pemilik peternakan.

Selain itu dengan warna bulu di bagian wajah serta memiliki bulu mata berwarna putih sehingga membuat mata yang cantik seperti orang bule. 

Muhammad Aidil Fitriansyah menjelaskan, "Kemarin sapi ini sekitar 3-4 tahu yang lewat kita ambil dari Lampung, dan beratnya saat masuk peternakan beratnya hanya 320 kilo, sapi ini sebenarnya punya istri saya karena dia yang pengen beli sehingga akhirnya saya membeli sapi ini" 

"Setelah dipelihara sampai 3 tahun akhirnya Alhamdulillah sampai sekarang Sapi ini dipinang oleh Bapak Presiden" tambah Muhammad Aidil Fitriansyah.

BACA JUGA:Diklat Bela Negara Calon Pekerja BRI dan Brilife 2024 Dibuka, Kabadiklat Kemhan Tegaskan Hal Ini

BACA JUGA:UMK Binaan Bukit Asam (PTBA) Turut Meriahkan Pekan Raya Lampung

Sebelumnya ada tiga kandidat Sapi yang dijadikan pilihan Presiden Jokowi untuk kurban di Sumatera Selatan tahun 2024 ini. 

Namun sapi bule yang akhirnya terpilih dan selanjut akan langsung terus dalam pengawasan baik dari segi perawatan, kesehatan, hingga makanan yang dikonsumsi sapi tersebut.

Sapi Bule ini merupakan Sapi Ras Simmental atau Swiss Fleckvieh, Ras ini menggunakan nama Simmental, yang berasal dari nama sebuah lembah dari Sungai Simme di daerah Bernese Oberland, Kanton Bern, Swiss. 

Sapi dengan Ras Simmental memiliki ciri khas dengan warna bulu kemerahan yang disertai dengan corak warna putih.

Di Negara asalnya Swiss, Hewan ini biasanya diternakkan untuk diambil susu dan dagingnya.

Jadi bagaimana menurut kalian, semoga saja sapinya sehat terus ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: