Honda

Setelah Calvin Verdonk, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Masih Akan Bertambah

Setelah Calvin Verdonk, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Masih Akan Bertambah

Pemain naturalisasi Timnas Indonesia masih akan bertambah, tidak berhenti di Calvin Verdonk. -Instagram/@c.verdonk-

PALPRES.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengonfirmasi bahwa pemain naturalisasi yang memperkuat Timnas Indonesia masih akan bertambah. 

Tidak berhenti sampai di Calvin Verdonk

Dito menyatakan, pemerintah akan terus mendukung secara maksimal usaha PSSI memajukan sepakbola. 

Salah satunya dengan membangun training center untuk cabang olahraga unggulan, termasuk sepak bola.

BACA JUGA:Justin Hubner Sindir Pemain Keturunan yang Dulu Tolak Timnas Indonesia, Lucu!

BACA JUGA:Media Vietnam Prediksi Timnas Indonesia Bakal Gagal ke Piala Dunia, Ini Alasannya

Lebih lanjut dia membeberkan, saat ini pemerintah tengah membangun training center di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Cibubur, sebagai wujud keseriusan pemerintah memajukan olahraga tersebut. 

"Kami telah melakukan berbagai dukungan untuk semua yang telah dirancang oleh PSSI, di mana Kemenpora terus mendukung dan ke depan ini banyak juga pemain naturalisasi yang bergabung dengan Timnas Indonesia dan ini terus dimaksimalkan," kata Dito.

Menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu menyampaikan, usaha lain dari Kemenpora adalah ikut membantu menjaga "chemistry" yang terjalin baik saat ini di timnas. 

Timnas Indonesia menang 2-0 atas Filipina pada laga pamungkas Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Selasa 11 Juni 2024.

BACA JUGA:Tak Ada Lawan Mudah di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Harus Bagaimana?

BACA JUGA:3 Jalan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026, Mau Pilih yang Mana?

Dengan kemenangan ini, Skuad Garuda memastikan langkah ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia 

Timnas Indonesia bergabung dengan 17 tim se-Asia lain untuk memperebutkan tiket ke putaran final Piala Dunia 2026, yang akan berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko nanti. 

Sebanyak 18 tim ini dibagi tiga grup dengan tiap grup berisikan enam tim kontestan. 

Dua tim teratas berhak lolos ke Piala Dunia 2026, sedangkan tim yang menempati peringkat tiga dan empat di masing-masing grup bakal melanjutkan kiprah di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

BACA JUGA:Bukan Timnas Indonesia, Inilah Tim dengan Ranking FIFA Terendah di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

BACA JUGA:Kasus Maarten Paes Tak Masuk Agenda Sidang CAS, Jadi Kapan Bela Timnas Indonesia?

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengonfirmasi bahwa bakal ada tambahan pemain naturalisasi di tim asuhannya. 

Penambahan pemain diaspora mutlak diperlukan mengingat Timnas Indonesia berpotensi satu grup dengan tim-tim kuat.

Setidaknya ada enam pemain diaspora yang terbuka kemungkinan untuk dinaturalisasi dalam beberapa waktu ke depan.

Mereka adalah Jayden Oosterwolde yang bermain di Fenerbahce, Kevin Diks (FC Copenhagen), Mees Hilgers (FC Utrecht), Jairo Riedewald (Crystal Palace), Million Manhoef (Stoke City), dan Ole Romeny (FC Utrecht).

Plus kiper Maarten Paes (FC Dallas) yang sebenarnya diproyeksikan debut untuk Timnas Indonesia pada bulan Juni ini, namun prosesnya jadi Warga Negara Indonesia (WNI) harus tertunda.

 

Prediksi Best XI Timnas Indonesia

Dengan asumsi proses naturalisasi para pemain tersebut lancar, dalam formasi 3-4-3 racikan Shin Tae-yong, posisi penjaga gawang Timnas Indonesia di putaran ketiga nanti akan dipercayakan kepada Maarten Paes.

Lanjut ke tiga bek sejajar ada Mess Hilgers, Jay Idzes dan Jayden Oosterwolde. Kemudian, Kevin Diks beroperasi sebagai wing-back kanan dan Calvin Verdonk di sisi sebelahnya. 

Untuk dua gelandang sentral ditempati Thom Haye dan Jairo Riedewald. Terakhir, tiga pengisi lini serang ada Millon Manhoef, Ragnar Oratmangoen dan Ole Romeny.

 

Timnas Indonesia XI (3-4-3): Maarten Paes; Mees Hilgers, Jay Idzes, Jayden Oosterwolde; Kevin Diks, Thom Haye, Jairo Riedewald, Calvin Verdonk; Million Manhoef, Ragnar Oratmangoen, Ole Romeny.

 

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: