Honda

Euro 2024: Prediksi dan Preview Polandia vs Belanda

Euro 2024: Prediksi dan Preview  Polandia vs Belanda

Euro 2024: Polandia tanpa kemenangan dalam 12 pertemuan terakhir mereka dengan Belanda di semua kompetisi (D5 L7), sejak kemenangan kandang 2-0 di kualifikasi EURO 1980--kolase

PALPRES.COM - Berikut prediksi dan preview Polandia vs Belanda jelang pertandingan pembuka Grup D di Euro 2024 malam nanti.

Setelah memenangkan turnamen ini di Jerman di tahun 1988, tim asuhan Ronald Koeman berharap sejarah akan terulang kembali.

Statistik Polandia vs Belanda

  • Belanda merupakan unggulan untuk pertandingan Euro 2024 ini, dengan mengalahkan Polandia dalam 55,2% menurut simulasi pra-pertandingan oleh superkomputer Opta.

  • Polandia tidak akan diperkuat oleh Robert Lewandowski yang mengalami cedera. Dia adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah Kejuaraan Eropa, bertanggung jawab atas lima dari 11 gol mereka di turnamen ini.

  • Belanda belum terkalahkan dalam 12 pertemuan terakhir melawan Polandia dengan kemenangan 7 kali dan hasil imbang 5 kali.

BACA JUGA:Euro 2024: Prediksi dan Preview Serbia vs Inggris

BACA JUGA:Berikut 5 Manfaat Senam Bagi Kesehatan Tubuh Anda, Ayo Dicoba!

Belanda akan berharap bisa memanfaatkan kenangan kesuksesan sebelumnya di Jerman ketika mereka mengawali match Euro 2024 melawan Polandia dimana pemain andalannya, Robert Lewandowski akan absen dalam pertandingan hari Minggu di Volksparkstadion, Hamburg.

Ronald Koeman, yang kini menangani Oranje, mengangkat trofi Euro sebagai pemain bersama Belanda saat terakhir kali juara Eropa yang diadakan di Jerman pada tahun 1988.

Koeman adalah salah satu dari dua pelatih kepala di Euro 2024 yang pernah memenangkan turnamen ini sebagai pemain (bersama Didier Deschamps dari Prancis).

Menurut prediksi superkomputer Opta, Tim Belanda memiliki 76,2% peluang dominan untuk lolos dari Grup D, hanya kalah dari Prancis (92,9%) di grup yang juga mencakup Austria dan lawan mereka pada hari Minggu ini, Polandia.

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Grup B Euro 2024, Spanyol Menang Besar Atas Kroasia, Italia Berhasil Taklukkan Albania

BACA JUGA:Hasil Pertandigan Euro 2024, Hungaria vs Swiss: La Nati Menang 3-1, Tempel Jerman di Klasemen Grup A

Tim asuhan Michał Probierz memiliki peluang 45% untuk lolos ke babak 16 besar pada edisi ke-17 dari kompetisi internasional unggulan UEFA, meskipun harus memulai perjuangan mereka tanpa sang penyerang bintang, Lewandowski.

Penyerang Barcelona ini tidak akan fit untuk pertandingan di akhir pekan setelah mengalami cedera paha saat menang 2-1 atas Turki pada hari Senin, yang menandai pertandingan pemanasan terakhir Polandia.

Sementara, Bek Pawel Dawidowicz dan penyerang Karol Swiderski juga mengalami cedera pada pertandingan persahabatan yang sama dan akan diputuskan sebelum pertandingan hari Minggu.

Swiderseki terlihat telah kembali berlatih bersama tim utama pada hari Jumat, namun Dawidowicz masih berlatih sendiri, kemungkinan besar tidak akan bermain.

BACA JUGA:GAWAT! Timnas Indonesia Tanpa 2 Pemain Andalannya di Laga Perdana Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

BACA JUGA:Pertandingan Euro 2024 Hari Ini, Head to Head Hungaria vs Swiss

Absennya Lewandowski menjadi kabar baik bagi pelatih Belanda, Koeman, mengingat sang pemain berusia 35 tahun merupakan pencetak gol terbanyak bagi Polandia di Kejuaraan Eropa, dengan mencetak lima dari 11 gol yang telah dicetaknya di kompetisi ini. Dia juga telah mencetak empat dari lima gol terakhir mereka di turnamen, termasuk tiga gol terakhir.

Dengan Probierz yang kehilangan jimat mautnya, hasil imbang mungkin merupakan harapan terbaik bagi timnya. Tepat setengah dari pertandingan Polandia di turnamen ini berakhir imbang (7/14), rasio hasil imbang tertinggi bagi tim manapun yang telah bermain di lebih dari satu edisi turnamen.

Meskipun begitu, Probierz tidak dapat mengharapkan satu poin pun di pertandingan pembuka Grup D ini, mengingat tidak ada satupun dari 12 pertandingan terakhir Belanda di Euro yang berakhir dengan hasil imbang (W6 L6).

Terakhir kali mereka berbagi hasil imbang dalam sebuah pertandingan di turnamen ini adalah di perempat final pada tahun 2004, saat mereka menyingkirkan Swedia melalui adu penalti (0-0 setelah perpanjangan waktu, adu penalti 5-4).

BACA JUGA:Justin Hubner Tidak Pernah Menyesal Bela Timnas Indonesia, Sebut Ini Keputusan Terbaiknya

BACA JUGA:Euro 2024 Spanyol vs Kroasia: Preview, Prediksi dan Susunan Pemain Kedua Tim

Satu poin mungkin cukup bagi Polandia, namun Belanda akan berusaha keras untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam grup yang melihat anak asuh Koeman dan Perancis sebagai unggulan untuk lolos dengan meraih posisi dua besar.

Berharap banyak gol, tercatat Belanda telah mencetak rata-rata 1,67 gol per pertandingan di Kejuaraan Eropa (65 gol dari 39 pertandingan), jadi rasio tertinggi dari tim manapun di turnamen ini.

Keberhasilan di depan gawang hanya akan dibantu oleh Denzel Dumfries yang tampil gemilang, yang sepertinya akan terus bermain sebagai bek kanan.

Dumfries tampaknya sudah pasti akan tampil sebagai pemain inti Koeman, mengingat hanya pemain Portugal, Bruno Fernandes (7) yang mengemas lebih banyak asis dalam kualifikasi UEFA Euro 2024 dibandingkan bek kanan Inter (5), dengan pemain asal Belanda ini mencatatkan rata-rata satu asis setiap 101 menit.

BACA JUGA:ANEH! Media Jepang Cemas Negaranya Bakal Satu Grup dengan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Mengapa?

BACA JUGA:YES! Amunisi Anyar Timnas Indonesia Untuk Putaran 3 Sudah Ada, Pemain Ini Siap Dinaturalisasi

Di sisi lain, Ian Maatsen, yang mencapai final UEFA Champions League sebagai pemain pinjaman dari Borussia Dortmund musim ini mendapat panggilan untuk membela Oranje setelah cedera yang menimpa Frenkie de Jong dan Teun Koopmeiners.

Absennya kedua pemain tersebut di lini tengah dapat menjadi hal yang krusial bagi tim yang telah kehilangan Marten de Roon.

Koeman memiliki banyak pilihan di lini pertahanan, bagaimanapun, dengan kapten Virgil van Dijk, juara Liga Premier Nathan Aké, Micky van de Ven dari Tottenham, Stefan de Vrij dari Inter dan bek Bayern Munchen, Matthijs de Ligt, yang dapat dipanggil.

Kekokohan pertahanan di sepanjang turnamen kemungkinan akan menjadi kunci saat Belanda berusaha mencapai final untuk pertama kalinya sejak 2004, setelah beberapa kali tersingkir di babak empat besar.

BACA JUGA:Ragnar Oratmangoen Boyong Keluarganya Pulang Kampung ke Maluku, Warga Setempat Heboh

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Thom Haye Senang Pakai Sepatu Warna Hitam di Lapangan, Kayak Bapak-bapak!

Hanya Jerman, dengan enam kali, yang telah mencapai semi-final kompetisi ini lebih sering sejak tahun 1988 dibandingkan Belanda yang hanya empat kali.

Namun dapatkah Koeman, yang memenangkan kompetisi ini 36 tahun yang lalu sebagai pemain, membawa negaranya menuju kejayaan Eropa kali ini?

Belanda berada dalam performa yang mengesankan menjelang pertandingan pembuka Euro 2024, setelah memenangkan lima dari enam pertandingan terakhir mereka.

Performa tersebut termasuk kemenangan 4-0 atas Islandia pada hari Senin saat Xavi Simons, Van Dijk, Donyell Malen, dan Wout Weghorst mencetak gol untuk tim asuhan Koeman dalam pertandingan pemanasan terakhir mereka.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Pilih Target Realistis di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ogah Sampai Play-off!

BACA JUGA:Hasil Euro 2024 Jerman vs Skotlandia: Der Panzer Tampil Gemilang di Laga Perdana, Menang Telak Skor 5-1

Namun Polandia juga akan diunggulkan di sini, dengan anak asuh Probierz tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir mereka.

Mereka mengalahkan Turki dalam pertandingan persahabatan terakhir mereka sebelum kompetisi dimulai, setelah Nicola Zalewski mencetak gol kemenangan di menit ke-90 dalam kemenangan 2-1. Swiderski sebelumnya telah membuka skor.

Head to Head Polandia vs Belanda

Polandia tanpa kemenangan dalam 12 pertemuan terakhir mereka dengan Belanda di semua kompetisi (D5 L7), sejak kemenangan kandang 2-0 di kualifikasi EURO 1980.

BACA JUGA:Hasil Akhir Toulon Cup 2024, Timnas Indonesia U20 vs Korea Selatan: Kalah 1-2, Garuda Nusantara Posisi Buncit

BACA JUGA:Hasil Babak Pertama Toulon Cup 2024, Timnas Indonesia U20 vs Korea Selatan, Sama Kuat Skor Imbang 0-0

Pertemuan terakhir antara kedua tim berakhir dengan kemenangan 2-0 untuk Oranje yang saat itu dilatih oleh Louis van Gaal pada September 2022.

Cody Gakpo dan Steven Bergwijn, keduanya merupakan anggota tim tamu untuk kompetisi tahun ini, berhasil mencetak gol saat Belanda mengamankan kemenangan dalam pertandingan UEFA Nations League di Warsawa.

Namun ini merupakan pertemuan pertama antara Polandia dan Belanda di turnamen besar. Menjelang Euro 2024, hanya Jerman (19) yang telah mengalahkan lebih banyak negara di Kejuaraan Eropa daripada tim asuhan Koeman (17).

Prediksi Polandia vs Belanda

Belanda didukung oleh prediksi superkomputer Opta untuk mengawali match Euro 2024 mereka dengan kemenangan, mengalahkan Polandia dengan 55.2% suara dari 10.000 simulasi pra-pertandingan.

Polandia menang hanya dalam 22,2% dari simulasi berbasis data tersebut, dengan hasil imbang yang hampir sama mungkinnya dengan hasil yang diperkirakan 22,6%.

Sebelum turnamen dimulai, anak asuh Koeman paling sering berada di posisi kedua di Grup D dalam 33,9% prediksi Opta, sedangkan Polandia berada di posisi keempat dan gagal lolos dari grup dalam 41,8%.

Prediksi Susunan Pemain Polandia vs Belanda

Prediksi pemain Polandia vs Belanda di Euro 2024--kolase

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: