Honda

7 Manfaat Kulit Pisang, Nomor 3 Dapat Menjaga Kesehatan Rambut

7 Manfaat Kulit Pisang, Nomor 3 Dapat Menjaga Kesehatan Rambut

7 Manfaat Kulit Pisang Nomor 3 Dapat Menjaga Kesehatan Rambut--

PALPRES.COM- Saat makan pisang kebanyakan orang pasti akan membuang kulitnya, karena dianggap tidak bermanfaat.

Sejauh ini manfaat kulit pisang mungkin hanya sebatas limbah organik untuk pupuk, namun tahukah kamu jika kulit pisang juga bisa dikonsumsi seperti buahnya dan bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi kulit pisang seperti serat vitamin B6 vitamin B12 dan mineral berupa magnesium dan kalium, lemak tak jenuh serta asam amino esensial.

Berikut 7 manfaat kulit pisang untuk kesehatan.

BACA JUGA:Juaranya Bukan Unpad atau ITB, Inilah 4 Kampus Terbaik di Jawa Barat versi UniRank 2023

1. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Manfaat kulit pisang ditemukan mampu mengatasi bakteri tertentu gigi yang dapat memicu penyakit gigi dan gusi berupa gingivitis serta periodontitis.

Berdasarkan studi tersebut beberapa orang mulai mengoleskan kulit pisang pada gigi setiap harinya kulit pisang juga dipercaya dapat menyehatkan gusi sekaligus memutihkan dan memudarkan noda plak gigi.

2. Menghilangkan gatal

BACA JUGA:TERUNGKAP! Anggaran untuk Naturalisasi Pemain Timnas Indonesia, Bisa Untuk Beli Rumah Mewah

Kulit pisang memiliki kandungan yang baik untuk kulit karena dapat membantu mengobati jerawat eksim dan Psoriasis.

Psoriasis ialah kondisi kulit gatal dan bercak kulit yang jelek serta menimbulkan nanah kulit pisang bisa digunakan dengan cara memijat kan langsung pada daerah yang benjol atau gatal akibat gigitan serangga.

Pastikan menggunakan kulit pisang bagian dalam yang ada serat warna putihnya.

3. Menjaga kesehatan rambut

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Sansevieria Paling Hits, Nomor 3 Bentuknya Seperti Bintang dan Baunya Harum

Kulit pisang juga dipercaya dapat membuat rambut lebih lembut dan berkilau, khasiat ini diduga berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya.

Antioksidan pada kulit pisang berperan penting dalam mencegah kerusakan rambut akibat radikal bebas sehingga rambut tetap sehat dan kuat.

4. Merawat kulit wajah

Ada banyak manfaat kulit pisang untuk kesehatan kulit wajah mulai dari mencerahkan kulit, mengurangi kerutan, meredakan mata bengkak, melembabkan kulit, menyamarkan noda bekas jerawat dan menghilangkan kutil.

BACA JUGA:Nomor 1 Pelawak Terkenal, Inilah Deretan Nama Desa Unik di Kabupaten Gresik, Daerah Kamu Termasuk?

Untuk mendapatkan manfaat ini cukup dengan mengoleskan kulit pisang pada wajah atau area wajah tertentu yang dibutuhkan.

Meski khasiat ini belum diuji secara klinis kandungan senyawa yang bersifat antioksidan anti mikroba dan anti inflamasi di dalam kulit pisang terbukti dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit.

5. Mengatasi kemasukan suban

Kemasukan Suban atau serpihan kayu di kulit bisa sangat mengganggu dan menyakitkan, jika tidak segera diatasi kulit Bisa bengkak dan infeksi mengorek Suban dengan peralatan yang tidak memadai bisa mendorong lebih dalam.

BACA JUGA:Proyek Rehab Total Rumah Dinas Kejari Muba Menuai Sorotan, Kok Bisa? Ini Masalahnya

nah salah satu pertolongan pertama yang mudah dilakukan adalah dengan meletakkan kulit pisang pada Subandi kulit selama sekitar 15 menit.

Cara ini dipercaya pisau menarik Suban sehingga lebih mudah untuk diambil

6. Menurunkan kolesterol 

Kadar serat yang terkandung di dalam kulit pisang termasuk tinggi dan berperan menurunkan kolesterol, pastikan kali ini untuk tidak menyia-nyiakan lagi kulit pisang ke dalam kantong sampah lagi ya.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Distro Murah di Palembang, Harga Affordable Ga Bikin Dompet Nangis

Karena serat larutnya akan mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah mengikatnya di usus.

Kemudian kolesterol akan keluar dari tubuh dalam bentuk limbah bab kamu juga bisa membuat jus kulit pisang yang dicampur dengan susu dan madu.

7. Mencegah penyakit kanker

Manfaat antioksidan untuk kesehatan sudah banyak diteliti semakin tinggi kadar antioksidan semakin kuat pula kemampuannya dalam menangkal radikal bebas.

BACA JUGA:15 Tips Merawat Kamera Digital agar Awet dan Berfungsi Maksimal

Penyebab berbagai penyakit termasuk kanker kulit pisang yang masih mentah dipercaya lebih kaya akan antioksidan seperti polifenol dan karotenoid.

Oleh karena itu konsumsi kulit pisang mentah dipercaya dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker akan tetapi manfaat ini masih terbatas pada hewan dan perlu diteliti lebih lanjut pada manusia. 

Itulah tujuh manfaat kulit pisang untuk kesehatan, kamu bisa mengonsumsi kulit pisang yang matang dengan mengolahnya menjadi berbagai hidangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: