Honda

200 Personel Polda Sumsel Siap Lawan Karhutla, Kapolda: Ini Kolaborasi Hebat dengan Manggala Agni

200 Personel Polda Sumsel Siap Lawan Karhutla, Kapolda:  Ini Kolaborasi Hebat dengan Manggala Agni

Kapolda Sumatera Selatan, Irjen A Rachmad Wibowo, mengadakan rapat koordinasi dengan Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Sumatera, Ferdian Krisnanto--Humas Polda Sumsel

PALEMBANG, PALPRES.COM – Sebanyak 200 personel Polda Sumsel siap terjun ke lapangan melawan Karhutla yang terjadi di wilayah Sumsel

Hal ini terungkap usai Kapolda Sumatera Selatan, Irjen A Rachmad Wibowo, mengadakan rapat koordinasi dengan Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Sumatera, Ferdian Krisnanto.

Dalam rapat yang berlangsung di aula Mapolda Sumsel ini, Polda Sumsel ingin menyelaraskan upaya dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap melanda wilayah Sumsel.

Dalam pembukaan rapat, Kapolda Sumsel menekankan pentingnya peran kepolisian sesuai dengan Instruksi Presiden No 3 tahun 2020 tentang penanggulangan karhutla.

BACA JUGA:Prestasi Luar Biasa Kembali Diraih Polda Sumsel, Capai Penilaian IKPA Sempurna

BACA JUGA:Polda Sumsel Siapkan Personel dan Perlengkapan, Ikuti Arahan Penanggulangan dan Antisipasi Karhutla

“Polisi memiliki peran penting dalam membantu BNPB dengan mengerahkan kekuatan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

Kami bekerja sama dengan TNI dan instansi lain secara terpadu dengan pemerintah daerah untuk menggiatkan patroli di kawasan hutan dan lahan, membina masyarakat agar turut serta dalam upaya penanggulangan, serta menegakkan hukum terhadap pelanggaran terkait karhutla,” ujar Irjen Rachmad Wibowo.

Kapolda Sumsel mengungkapkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan personel dan peralatan yang dibutuhkan untuk penanggulangan karhutla.

“Kami telah mengecek kesiapan personel Polda dan jajaran, serta peralatan sarana prasarana yang dibutuhkan.

BACA JUGA:200 Personel Dilatih Tim Manggala Agni, Kapolda Sumsel Periksa Kesiapan Antisipasi Karhutla

BACA JUGA:82 Personel Polda Sumsel Masuki Masa Pensiun, Ditandai Penyerahan Obor Estapet Pengabdian

Namun, kami ingin memastikan bahwa personel kami memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk siap diterjunkan ke lapangan,” jelasnya.

Untuk memastikan kesiapan tersebut, Kapolda Sumsel meminta bantuan dari Manggala Agni, yang merupakan ahli dalam penanggulangan karhutla, untuk memberikan pelatihan kepada personel Polda Sumsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: