Honda

Polda Sumsel Gelar Pelatihan Disaster Victim Identification, Apa Itu?

Polda Sumsel Gelar Pelatihan Disaster Victim Identification, Apa Itu?

Polda Sumsel Gelar Pelatihan Disaster Victim Identification atau Identifikasi Korban Meninggal Dunia di Lounge Ampera LT 7, Gedung Presisi Polda Sumsel.-Humas Polda Sumsel-

"Salah satu metode forensik yang cukup sering kita dengar belakangan ini adalah Disaster Victim Identification (DVI) yang menjadi andalan bagi semua negara termasuk Indonesia.

Hal ini untuk mengenali atau mengungkap tindak pidana maupun mengidentifikasi korban tragedi massal atau bencana yang menimbulkan banyak korban jiwa yang sulit dikenali maka pelatihan ini sangat penting dan mendukung dalam pelaksanaan tugas Kepolisian jelasnya", kepada wartawan Selasa, 20 Agustus 2024.

BACA JUGA:Polwan Polda Sumsel Gelar Bakti Religi di Tempat Ibadah, Patut Ditiru!

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kesatria Ksetra Siguntang Palembang

Dalam sambutannya AKBP Mahyudin, SKM, SH MH saat membacakan amanat dari Kapolda Sumsel sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan DVI yang diinisiasi oleh Kabiddokkes Polda Sumsel tersebut.

Seluruh peserta dapat mengikuti dan mencermati setiap materi yang diberikan oleh para narasumber dengan sebaik-baiknya. 

Untuk para narasumber, agar dapat memberikan materi dan keterampilan terkini sesuai dengan standar DVI dari Interpol maupun pengalaman lainnya yang terkait dengan proses identifikasi korban.

“Proses pengungkapan identitas para korban yang sudah menjadi Jenazah tidaklah mudah, banyak faktor yang menjadi penghambatnya. Oleh karena itu untuk meningkatkan keberhasilan proses identifikasi, diperlukan kerja sama tim yang solid sehingga hasil identifikasi para korban dapat dipastikan valid dan reliabel, serta dapat dipertanggung jawabkan secara yuridis,” terangnya.

BACA JUGA:Jokowi Tegaskan Pentingnya Kualitas dan Integritas Pemilu, Jelang Pilkada Serentak November 2024

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Hadiri Penyampaian Pidato Kenegaraan Presiden RI Bersama Forkopimda, Ini Agenda Acaranya

Selanjutnya, menurut AKBP Mahyudin, SKM, menambahkan bahwa pentingnya pengetahuan tentang DVI (Disaster Victim Identification) dalam penanganan kasus  serta pengungkapan identifikasi korban dalam pelaksanaan tugas di Lapangan, guna meningkatkan pengetahuan dan menambah bekal ilmu yang didapat maka kepercayaan masyarakat dapat meningkat Kepada Polri guna mewujudkan Polri yang Presisi

“Semoga melalui kegiatan Pelatihan DVI Polda Sumsel ini, saya berharap dapat  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka menangani dan mengidentifikasi korban , baik ungkap kasus karena faktor manusia itu sendiri ataupun dikarenakan Faktor Alam yang terjadi di Wilayah Sumsel,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: