RDPS
Honda

Kenal Bahasa Lokal Lebih Dekat, 5 Istilah Unik Dalam Bahasa Palembang Wajib Kamu Ketahui!

Kenal Bahasa Lokal Lebih Dekat,  5 Istilah Unik Dalam Bahasa Palembang Wajib Kamu Ketahui!

Beberapa bahasa unik di Palembang yang sering digunakan dalam percakapan sehari -hari warga lokal--Instagram

PALPRES.COM - Beberapa istilah unik dari bahasa Palembang yang sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari warga lokal.

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Palembang memiliki banyak pesona bagi siapa saja yang mendatanginya.

Selain terkenal memiliki keindahan alam dan wisata kulinernya, Palembang juga memili keragaman ras, budaya dan Bahasa yang membuat terciptalah ragam kosakata yang lucu dan unik yang biasa dipakai sehari-hari.

Nah bagi kamu yang berencana berkunjung ke Palembang, disarankan untuk kamu mengetahui beberapa istilah yang biasa dipakai agar dapat bisa lebih cepat membaur dengar warganya.

Berikut beberapa istilah yang bisa kamu pelajari dan sering dipakai dalam percakapan sehari-hari masyarakat Palembang. Penasaran, yuk kita pelajarin satu persatu.

1.Nak yang berarti ‘mau’/’akan’

Kata pertama yang akan sering kamu jumpai ketika berada di Kota Palembang adalah kata “nak”. Nak di dalam bahasa Palembang ini bukan berarti anak.

Akan tetapi, ‘nak’ di sini berarti ‘mau’. Jika digunakan dalam sebuah kalimat seperti berikut, “Awak nak kemana hari ni?” itu berarti “Kamu mau kemana hari ini?”.

Jadi nak dalam bahasa Palembang ini berarti mau atau akan.

Jadi setelah mengetahui istilah ini usahakan jangan kaget yang ketika kamu sedang berbincang dan seseorang tersebut memakai kata ini.

2.Lur sebagai kata panggilan keakraban

Kata “Lur” di dalam bahasa Palembang berarti saudara atau teman dekat.

Biasanya wong Palembang menggunakan sebutan ini untuk  panggilan kepada teman seusianya. Dengan kata lain teman tongkrongan atau teman main.

Panggilan lur sebenarnya mirip dengan kata dulur yang biasa dipakai dalam Bahasa Jawa. Karena tidak bisa dipungkiri Bahasa Palembang sedikit banyak memiliki pertalian dengan Bahasa Jawa menurut sejarahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: