Honda

Krom Bank Hadirkan Strategi Keuangan untuk Generasi Muda, Selain Punya Tabungan juga Miliki Aset Berkelanjutan

Krom Bank Hadirkan Strategi Keuangan untuk Generasi Muda, Selain Punya Tabungan juga Miliki Aset Berkelanjutan

Krom Bank Hadirkan Strategi Keuangan untuk Generasi Muda, Selain Punya Tabungan juga Miliki Aset Berkelanjutan--

PALPRES.COM- Dalam beberapa tahun terakhir, pola konsumsi kelas menengah di Indonesia, terutama generasi muda, telah mengalami perubahan signifikan.

Berdasarkan Laporan Ekonomi dan Keuangan Mingguan dari Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), pengeluaran masyarakat untuk kebutuhan dasar seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, dan makanan mengalami penurunan.

Sebaliknya, belanja untuk hiburan, kendaraan, pakaian, dan pesta justru meningkat.

Hiburan, yang sebelumnya dianggap sebagai kebutuhan tersier, kini telah menjadi prioritas utama kelas menengah, mengakibatkan berkurangnya alokasi dana yang biasanya digunakan untuk kebutuhan dasar lainnya.

BACA JUGA:Jumlah Kelas Menengah Terus Turun, Krom Bank Hadirkan Solusi untuk Generasi Muda Hadapi Ketidakpastian Ekonomi

BACA JUGA:Krom Bank Hadirkan Beragam Fitur Bangun Kultur Anak Muda untuk Menabung, Apa Aja?

Dengan pendapatan yang stagnan dan kebutuhan yang meningkat, ruang untuk menabung kelas menengah semakin terbatas, yang berdampak pada stabilitas keuangan kelas menengah.

Perubahan pola konsumsi ini juga disinyalir turut menjadi penyebab penurunan jumlah kelas menengah dalam beberapa tahun terakhir.

Data BPS menunjukkan penurunan drastis dari 21,54% pada 2019 menjadi 17,44% pada 2024.

Fenomena ini menandakan tantangan yang lebih besar bagi generasi muda karena banyak dari mereka turun kelas menjadi kelompok aspiring middle class.

BACA JUGA:Industri Bank Digital Terus Bersaing, Intip Strategi dan Penawaran Menarik Krom Bank untuk Nasabah

BACA JUGA:Krom Bank Kini Hadirkan Fitur QRIS, Mudahkan Nasabah Betransaksi, Aman dan Kompetitif

Dalam kondisi ini, generasi muda dituntut untuk dapat beradaptasi tidak hanya dengan tekanan ekonomi, tetapi juga dengan strategi keuangan yang lebih fleksibel dan efektif.

Solusi inovatif dari bank digital dapat membantu generasi muda menghadapi ketidakpastian ekonomi, dengan memberikan akses mudah dan suku bunga kompetitif yang dapat meningkatkan aset secara berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: