Honda

Fitri Terobos Jalan Bambu, Antarkan Paket Makanan Bervitamin ‘Bapak Asuh’ untuk Balita Stunting

Fitri Terobos Jalan Bambu, Antarkan Paket Makanan Bervitamin ‘Bapak Asuh’ untuk Balita Stunting

PALEMBANG, PALPRES.COM - Gang Sinteren, Kelurahan 2 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) 2 Palembang, Rabu (29/6/2022) pagi mendadak ramai.

Wakil Wali Kota Palembang bersama puluhan pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, jajaran BKKBN Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) menyusuri jalan setapak di kawasan bantaran Sungai Musi Palembang menyisir anak balita berisiko stunting.

“Ada enam rumah warga yang memiliki balita yang kita datangi, yang berisiko stunting,” ujar Fitri, Rabu (29/6/2022).

Untuk menjangkau rumah warga ini, Fitri harus melewati jalan setapak bergoyang dan jalan menuju rumah warga yang hanya terbuat dari dua balok bambu dan mengharuskannya melepas sepatunya.

“Memang infstarukturnya kurang bagus,” jelasnya usai memberikan paket makanan bervitamin bantuan dari BSI” Bapak Asuh stunting”.

Meski jumlah angka stunting Palembang masih relevan dan menurun dari tahun sebelumnya, namun kondisi warga dengan lingkungan yang  kurang baik menimbulkan kekhawatirannya.

“Kalau data kita ada 1000 anak yang terkena stunting yang tersebar di 18 kecamatan,  paling banyak terdapat di Kecamatan Ilir Timur 3, dan SU 2,” katanya.

Fitri menyebut masih mudah dijumpai stunting ini karena dipengaruhi faktor lingkungan, secara prevalensi dilakukan beberapa langkah penanganan, angkanya terus menurun.

Langkah penanganan dimaksud antara lain, perbaikan infratruktur, sanitask dan MKCK bagi warga bantaran sungai dan  menggalakan  Posyandu dan lainnya.

“Selain itu, kita perlu juga mangandeng bekerja sama dengan non pemerintah,” katanya.

Selain faktor lingkungan, kata Fitri asupan gizi paling berpengaruh. "Kita masih banyak kampung kumuh, masih belum terbebas WC sungai,” tegasnya lagi.

Ini pun kata Fitri, akan menjadi prioritas Pemkot Palembang untuk mengentaskannya untuk perbaikan seluruh infratruktur warga. DYN

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: