Honda

Fornas VI di Sumsel, Menpora RI: Awal Baik Kegiatan Olahraga Nasional

Fornas VI di Sumsel, Menpora RI: Awal Baik Kegiatan Olahraga Nasional

PALEMBANG,PALPRES.COM- Malam pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI 2021 Sumatera Selatan 2022 yang berlangsung di venue dayung Jakabaring Sport City (JSC), Jumat (1/7) dihadiri langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Zainuddin Amali.

Dalam sambutannya, Menpora menyampaikan jika olahraga masyarakat belum terlalu populer dibandingkan dengan olahraga prestasi padahal sejatinya dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang  Keolahrgaan ada tiga kelompok olahraga yaitu olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga masyarakat.

"Olahraga masyarakat sangat memegang peran penting karena tidak mungkin kita mendapatkan prestasi yang baik dan gemilang kalau dari hulunya masyarakat tidak kita gerakkan. Melalui olaharaga masyarakat inilah akan muncul talent-talent untuk atlet berprestasi oleh karena itu pemerintah memberikan ruang yang sama bagi tiga kelompok olahraga ini,"ungkap Zainuddin.

Menpora menambahkan dibukanya event FORNAS VI ini menjadi awal yang baik untuk menggiatkan kembali kegiatan olahraga di tengah masyarakat setelah 2,5 tahun terakhir dihadapkan pada Pandemi Covid yang menyebabkan semua event olahraga terhenti akibat pembatasan sosial.

BACA JUGA:FORNAS VI Sumsel Pecahkan Rekor Peserta Terbanyak

Menpora juga menyampaikan apresiasi atas kehebatan Sumatera Selatan menjadi tuan rumah pesta olahraga. "Saya tidak terlalu heran kalau Sumatera Selatan mampu karena event nasional maupun internasional pernah dilaksanakan disini (JSC,Sumsel, red).

Sumatera Selatan pernah menjadi tuan rumah Sea Games, dan Asian Games dan beberapa bulan ke depan Sumsel akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 dan Stadion Jakabaring telah ditunjuk  oleh FIFA menjadi salah satu stadion penyelenggara Piala Dunia U20,"sambungnya.

Tak lupa Menpora juga mengapresiasi para penggiat olahraga yang sudah mau datang secara mandiri untuk bertanding. "Kepada para peserta ini adalah ajang berkumpul bersilahturahmi jadikanlah ini untuk riang gembira,  jangan berambisi untuk menjadi juara umum, karena ini sejatinya olahraga masyakat dengan tujuan kita Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat,"tutupnya.

Pembukaan FORNAS VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022 ini tersaji dengan spektakuler. sebanyak 600 penari dari Sumatera Selatan menampilkan tari-tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. juga menampilkan bintang tamu penyanyi tanah air, Mahalini dan Band Ungu.

BACA JUGA:FORNAS VI, Awal Kebangkitan Ekonomi di Sumatera Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: