Honda

Tetsuya Yamagami, Sosok Penembak Shinzo Abe, Ternyata Mantan Militer

Tetsuya Yamagami, Sosok Penembak Shinzo Abe, Ternyata Mantan Militer

NARA, PALPRES.COM – Pelaku penembakan yang menewaskan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Kota Nara, Jumat (8/7/2022) berhasil ditangkap. Dia, Tetsuya Yamagami, 41 tahun, mantan anggota Pasukan Bela Diri Jepang.

Tetsuya Yamagami diringkus polisi Jepang setelah menembak Abe dari belakang menggunakan senjata api sejenis shotgun, yang diduga rakitan sendiri. Dua kali Yamagami menembak Abe dari jarak sekitar 3 meter. Senjata yang digunakan berukuran pendek dan terbalut lakban.

BACA JUGA:Inilah Detik-detik Shinzo Abe Ditembak, Sempat Sekarat Sebelum Wafat

Yamagami mengatakan, dirinya berusaha membunuh Abe karena merasa tidak puas dengan politikus Partai Liberal Demokrat itu.

Abe adalah perdana menteri Jepang dengan masa jabatan terlama. Ia bertugas pada 2006 sampai 2007, dan pada 2012 sampai 2020. Selama menjabat, Abe mengusung kebijakan ekonomi yang dikenal sebagai Abenomics.

Yamagami didakwa dengan tuduhan percobaan pembunuhan.

Kekerasan dengan senjata api sangat langka dan jarang terjadi di Jepang. Terlebih lagi upaya pembunuhan terhadap tokoh politik.

Pada 2007, walikota Nagasaki ditembak dan dibunuh oleh gangster yakuza. Sementara Ketua Partai Sosialis Jepang dibunuh dalam sebuah pidato pada 1960 oleh seorang pemuda sayap kanan dengan pedang pendek. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: