Honda

3 Daerah Paling Kaya di Sumatera Selatan, Nomor 1 Mencapai Rp115 Juta per Tahun

3 Daerah Paling Kaya di Sumatera Selatan, Nomor 1 Mencapai Rp115 Juta per Tahun

Musi Banyuasin merupakan daerah terkaya di Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki pendapatan per kapita atau PDRB paling tinggi--doc palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Artikel ini akan membahas tiga daerah paling kaya di Provinsi Sumatera Selatan, nomor pertama mencapai Rp115 Juta per Tahun.

Beberapa daerah di Sumatera Selatan ini masuk menjadi daftar daerah yang paling kaya di Bumi Sriwijaya.

Lantas, belum banyak yang mengetahui jika sejumlah daerah ini menjadi salah satu daerah dengan pendapatan tertinggi di Sumatera Selatan.

Daerah terkaya tersebut merupakan daerah terkaya di Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki pendapatan per kapita atau PDRB paling tinggi sehingga menjadi daerah paling kaya di Sumsel.

BACA JUGA:Waspada Gelombang Tinggi Banten Hingga 4 Meter, Hari Ini 28 Desember 2022 Mulai Pukul 19.00 WIB

Oleh sebab itulah, daerah mana yang paling kaya di Provinsi Sumatera Selatan dan Ibu Kota Sumsel Kota Palembang berada di posisi ke berapa, simak urutannya berikut ini.

Dikutip Palpres.com dari Buku Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten/Kota Di Indonesia, berikut ini daftar daerah paling kaya di Sumatera Selatan.

1. Kabupaten Musi Bayuasin

Daerah terkaya pertama di Provinsi Sumatera Selatan ditempati oleh Kabupaten Musi Bayuasin.

BACA JUGA:Mengenal Suku Asli Sumatera Selatan Berdasarkan Daerahnya, Mulai Palembang, Komering Hingga Pesemah

Kabupaten Musi Banyuasin memiliki 14 kecamatan, 13 kelurahan dan 227 desa (dari total 236 kecamatan, 386 kelurahan dan 2.853 desa di seluruh Sumatera Selatan).

Pada tahun 2017, jumlah penduduknya sebesar 608.125 jiwa dengan luas wilayahnya 14.266,26 km² dan sebaran penduduk 43 jiwa/km².

Musi Banyuasin merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Selatan yang dikenal dengan sapaan Bumi Serasan Sekate dengan mengambil nama sungai kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan yakni sungai Musi.

Secara geografis, Kabupaten Musi Banyuasin bersamaan batasnya dengan Provinsi Jambi (Kabupaten Muara Jambi) di sebelah utara, Kabupaten Muara Enim di selatan, Kabupaten Musi Rawas di sebelah barat dan Kabupaten Banyuasin di sebelah timur.

BACA JUGA:Kabupaten Musi Banyuasin Peroleh Nilai Tertinggi Kabupaten Cerdas di Sumsel

Kabupaten dengan Ibu Kota Sekayu ini merupakan kabupaten yang cantik nan bersih, hal ini terbukti atas diraihnya piala adipura secara berturut-turut.

Tak hanya itu, Kabupaten Musi Banyuasin merupakan daerah terkaya di Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki pendapatan per kapita atau PDRB paling tinggi sehingga menjadi daerah paling kaya di Sumsel dengan pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita mencapai Rp115.842.000 dalam setahun.

Oleh karena itu, pendapatan rata-rata setiap bulannya warga Kabupaten Musi Bayuasin bisa mencapai Rp9.653.500.

2. Kabupaten Muara Enim

BACA JUGA:7 Lagu Daerah Musi Banyuasin, Kuyung Jauh, Linjang Sughang, hingga Bujang Ranggonang


Di urutan kedua ada Kabupaten Muara Enim yang merupakan daerah terkaya di Provinsi Sumatera Selatan.

Dimana pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita pada tahun 2021 sebesar Rp104.927.000 dalam setahun. Sehingga, untuk setiap bulannya pendapatan rata-rata mencapai Rp8.743.916.

Jumlah penduduk Kabupaten Muara Enim sebanyak 612.900 jiwa. Salah satu perusahan tambang batu bara PT Bukit Asam berada di kabupaten ini, tepatnya di Tanjung Enim, Lawang Kidul dan perusahaan kayu kertas PT Tanjung Enim Lestari (PT TEL pulp and paper).

3. Kota Palembang

BACA JUGA:Kesempatan Mendapatkan Saldo Dana Gratis Segera Daftar KIS BPJS Kesehatan Bisa Online dan Offline

Kota Palembang menempati urutan ketiga daerah terkaya di Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki PDRB per kapita cukup tinggi.

Dimana pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita Kota Palembang pada tahun 2021 mencapai angka Rp92.464.000 per tahun.

Sehingga, jika dihitung untuk pendapatan rata-rata warga setiap bulannya memperoleh sebesar Rp7.705.333.

Kota dengan luas wilayah 400,61 km² ini dihuni oleh lebih dari 1,6 juta penduduk pada tahun 2021. Kota Palembang juga kota terpadat dan terbesar kedua di Sumatra setelah Kota Meda, dan kota terpadat keenam di Indonesia setelah Jakarta Raya, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang dan kota terbesar kesembilan belas di Asia Tenggara.

BACA JUGA:Langsung Cair! Saldo DANA Gratis Rp350 Ribu Hanya dengan Nonton YouTube, Yuk Coba Sekarang

Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada setiap kabupaten atau kota di Sumatera Selatan ini dapat berubah setiap tahunnnya.*

Artikel ini telah tayang di jatimnetwork.com dengan judul https://www.jatimnetwork.com/nasional/amp/pr-436256678/bukan-lahat-inilah-daerah-paling-terkaya-di-provinsi-sumatera-selatan-kota-palembang-ternyata-di-nomor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: