Honda

SPAN PTKIN 2023: Syarat, Cara Daftar, Jadwal Seleksi dan Cek Pengumuman

SPAN PTKIN 2023: Syarat, Cara Daftar, Jadwal Seleksi dan Cek Pengumuman

Sosialisasi SPAN PTKIN 2023 Dikemas Konten Kreatif --palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) 2023 resmi diluncurkan.

SPAN PTKI 2023 adalah seleksi perguruan tinggi yang dilaksanakan secara nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik.

Dengan kata lain, SPAN PTKI 2023 digelar tanpa ujian tertulis namun melihat nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio.

Jika di perguruan tinggi negeri di bawah Kemenristek Dikti dikenal dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

BACA JUGA:Koin Jadul Rp1.000 Gambar Kelapa Sawit Dihargai Rp100 Juta? Ini 5 Cara Jualnya

Pada SPAN PTKIN, sekolah atau madrasah berhak mendaftarkan siswanya yang dinilai berprestasi untuk ikut seleksi ini.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan agar pelaksanaan seleksi perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama ini harus dilaksanakan secara jujur.

Menteri juga mengingatkan agar panitia di perguruan tinggi tidak koruptif atau melakukan pungutan liar.

"Jangan lakukan perilaku koruptif, jangan lakukan ini. Saya peringatkan, saya minta Inspektorat Jenderal untuk turun,” tegas Menteri yang dilansir Palpres.com melalui website SPAN-UM PTKIN 2023, Selasa 24 Januari 2023.

BACA JUGA:Buruan Diserbu! Aplikasi Penghasil Uang Gratis Tanpa Syarat Langsung Cair

Sementara itu, Ketua Panitia Nasional SPAN UM PTKIN, Imam Taufiq, menjelaskan selain SPAN PTKIN, nantinya juga akan dilakukan Ujian Masuk atau UM PTKIN.

Dua jenis seleksi in berbeda, jika SPAN PTKIN dilaksanakan berdasarkan prestasi akademik siswa, sementara UM PTKIN merupakan seleksi calon mahasiswa baru PTKIN melalui tes yang dilaksanakan di PTKIN yang dipilih.

Syarat SPAN PTKIN 2023:

1. Siswa Madrasah Aliyah atau SMA baik negeri maupun swasta tingkat akhir tahun 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: