Honda

Resep Roti Manis Ubi Jalar Ungu Hidangan Takjil Buka Puasa Ramadan 2023

Resep Roti Manis Ubi Jalar Ungu Hidangan Takjil Buka Puasa Ramadan 2023

Resep Roti Manis Ubi Jalar Ungu Hidangan Takjil Buka Puasa Ramadan 2023-fb-chefjuna-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi.

Kali ini ada resep Roti yang isinya ubi ungu, Ada banyak sekali cara untuk memanfaatkan si ubi jalar ungu ke dalam menu makanan sehari-hari, misal mengganti nasi dengan ubi jalar kukus, atau membuat mashed sweet potato sebagai pengganti kentang tumbuk biasa.

Rasa ubi jalar yang manis dengan tekstur lembut sebenarnya sedap bersanding dengan aneka lauk pauk lainnya. 

Ternyata bukan saja membuat rasa roti menjadi lebih sedap tetapi juga terlihat cantik dengan guratan-guratan keungungan dipermukannya.

 

Karena ubi jalar ungu tidak bercampur dengan mentega atau minyak maka warna ungunya tetap bertahan, tidak berubah menjadi coklat gelap.

Adonan dasar roti manis ini sangat lembut, empuk dan jika adonan terlalu lengket kala diuleni maka jangan ragu untuk menambahkan tepung terigu hingga nyaman diuleni. 

Selama tambahan tepung tidak membuat adonan menjadi super keras maka bukan masalah jika kita menambahkannya bertahap, sedikit demi sedikit. 

Olesan minyak dipermukaan tangan juga akan membantu adonan tidak lengket.Siapkan mangkuk kecil didekat meja kerja ketika kita menguleni adonan, dan celupkan jemari tangan sesekali ke minyak kala adonan mulai lengket saat diuleni. 

Proses membentuk adonan sangat mudah, saya membagi adonan menjadi 10 bagian. Ukuran roti tidak terlalu besar tapi pas menjadi camilan yang cukup mengganjal perut. 

Apakah bisa menggunakan isi lainnya? Yep, ubi jalar jingga, kacang merah atau kacang hijau kupas yang ditumbuk bisa menjadi alternatif lainnya yang sedap. 

Berikut resep dan prosesnya ya.

 

Roti Manis Isi Ubi Ungu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: