Honda

Literasi Digital Kenalkan Pelajar SD di Kabupaten Ogan Komering Ilir Pentingnya Pendidikan Karakter Gen-Z

Literasi Digital Kenalkan Pelajar SD di Kabupaten Ogan Komering Ilir Pentingnya Pendidikan Karakter Gen-Z

Literasi Digital Kenalkan Pelajar SD di Kabupaten Ogan Komering Ilir Pentingnya Pendidikan Karakter Gen-Z di E--kemenkominfo ri

OKI, PALPRES.COM – Webinar Literasi Digital sektor Pendidikan sesi kelima, giliran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI berkolaborasi dengan beberapa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan. 

Webinar yang mengangkat tema “Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital” ini bakal diselenggarakan pada Jumat, 19 Mei 2023 pukul 09.00-11.00 WIB.

Runner Literasi Digital Wilayah Sumatera Selatan Suryati Ali menyebutkan, pelaksanaan literasi digital di lingkungan pendidikan ini merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan menuju Indonesia #MakinCakapDigital. 

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024. 

BACA JUGA:Libatkan SD Se-Kabupaten Ogan Ilir, Webinar Literasi Digital Bahas Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman. Tentunya dengan menyajikan materi yang didasarkan pada 4 pilar utama literasi digital antara lain kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital,” tutur Suryati.

Dosen tetap di Universitas PGRI Palembang itu mengemukakan, berdasar hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo bersama Katadata Insight Center (KIC), didapatkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia pada tahun 2022 berada pada angka 3,54 poin dari skala 1-5. 

“Hasil ini menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang,” cetus Suryati.

Dalam suatu kesempatan secara virtual, sambung Suryati, Dirjen Aptika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan pernah mengatakan bahwa indeks literasi digital Indonesia belum mencapai kategori baik. 

BACA JUGA:Literasi Digital Kemenkominfo Ajak Pelajar SD di Kota Prabumulih Kenali dan Setop Cyberbullying

“Sehingga untuk itu kita perlu terus meningkatkannya dan menjadi tugas kita bersama untuk membekali masyarakat kita dengan kemampuan literasi digital,” tegasnya.

Pada webinar yang kali ini masih menyasar target segmen pelajar SD kata Suryati, pihaknya bakal menghadirkan secara virtual beberapa narasumber yang berkompeten dalam bidangnya.

Seperti webinar sebelum-sebelumnya, dimulai dengan sambutan dari Dirjen Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mewakili Menteri Kemenkominfo.

Dilanjutkan dengan pemaparan dua narasumber masing-masing Anwar Sadat (Senior Product Manager) dan H. Tarmudik Ahmad, S.Pd., M.Si Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Ogan Komering Ilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkominfo