Honda

12 Jurusan Kuliah untuk Pecinta Geografi di Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024!

12 Jurusan Kuliah untuk Pecinta Geografi di Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024!

12 Jurusan Kuliah untuk Pecinta Geografi di Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024!--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM — Apakah kamu pecinta geografi? Artikel ini sangat pas buat kamu yang menyukai segala hal tentang bumi dan ingin menempuh perkuliahan yang jurusannya sesuai passionmu.

Geografi biasa disebut dengan ilmu pengetahuan yang objek kajiannya meliputi berbagai hal yang ada di bumi, luar bumi, hingga benda-benda angkasa.

Saat ini, telah banyak jurusan kuliah yang mendukung bidang geografi dengan pprospek karir yang tak kalah menjanjikan dibanding jurusan-jurusan lain.

Bahkan, di Indonesia sudah ada beberapa kampus ternama dan terbaik versi QS WUR 2024 menyediakan jurusan-jurusan yang berkaitan dengan geografi.

BACA JUGA:4 Kampus yang Menyediakan Fast Track, Deretan TOP QS WUR 2024, Minat?

Jadi, buat pelajar, khusus nya pecinta geografi, jangan khawatir. Berikut beberapa jurusan beserta rekomendasi kampusnya yang cocok buat kamu, dilansir dari Instagram masukptn.

1. Teknik Geologi

Teknik geologi mempelajari tentang studi dan aplikasi ilmu geologi dalam rangka memahami struktur, komposisi, dan dinamika bumi.

Mahasiswa dalam jurusan ini akan diajarkan mengenai pembentukan dan pergerakan kerak bumi, sumber daya mineral dan energi, mitigasi risiko bencana alam, serta lingkungan geologi.

BACA JUGA:6 Jurusan Kuliah Cocok untuk Kaum Ekstrovert di Kampus QS WUR 2024, Kamu Berminat?

Mereka juga akan dilatih untuk menganalisis batuan, tanah, dan air tanah untuk keperluan rekayasa sipil, eksplorasi sumber daya alam, serta konservasi lingkungan.

Lulusan Teknik Geologi biasanya dapat bekerja di beberapa perusahaan tambang, pertamina, atau instansi pemerintah seperti kementerian lingkungan hidup.

Ada beberapa rekomendasi kampus terbaik versi QS WUR 2024 dengan jurusan Teknik Geologi yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

2. Teknik Geodesi

BACA JUGA:Ingin Jadi Programmer? Berikut 5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu, Ada Kampus QS WUR 2024!

Jurusan Teknik Geodesi merupakan ilmu yang berfokus pada pengukuran dan pemetaan permukaan bumi serta pemodelan data geospasial untuk aplikasi dalam pemetaan, navigasi, pemetaan tanah, pengelolaan wilayah, dan pembangunan infrastruktur.

Lulusan jurusan Teknik Geodesi sangat dibutuhkan di berbagai industri seperti konstruksi, properti, tambang, dan infrastruktur.

Ada beberapa kampus terbaik versi QS WUR 2024 yang menjadi rekomendasi dengan jurusan Teknik Geodesi, yaitu ITB, UGM, dan UNDIP.

3. Teknik Geomatika

BACA JUGA:4 Jurusan Kuliah Cocok Buat Penghobi Jalan-Jalan, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Tertarik?

Jurusan Teknik Geomatika merupakan gabungan ilmu teknologi geospasial dan informatika dalam mengumpulkan, menganalisis, dan mengelola data spasial.

Mahasiswa mempelajari cara menggunakan data ini dalam pemetaan, pemodelan lingkungan, perencanaan kota, dan pengembangan sistem informasi geografis.

Lulusan Teknik Geomatika akan berkompetensi dalam survei, pemetaan, dan mendukung teknologi kebumian dan informasi.

Ada beberapa rekomendasi kampus terbaik versi QS WUR 2024 dengan jurusan Teknik Geomatika yaitu ITB, UGM, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

BACA JUGA:3 PTN dengan Jurusan Matematika Terbaik versi QS WUR 2023, Coba Tebak Kampus Mana?

4. SAPPK

Jika memilih menempuh jurusan SAPPK (Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan) di Institut Teknologi Bandung (ITB), mahasiswa akan membahas studi tentang arsitektur, perencanaan kota, dan pengembangan kebijakan.

Selain itu, mahasiswa mempelajari desain arsitektur, perencanaan perkotaan, serta analisis kebijakan dalam konteks pembangunan berkelanjutan dan lingkungan binaan.

Lulusan SAPPK ITB ini dapat bekerja di beberapa sektor, termasuk sektor pemetaan ruang, arsitektur, kewilayahan, penelitian, bahkan pendidikan.

BACA JUGA:6 Jurusan Kuliah Berdasarkan Film Indonesia, Ada di Kampus Terbaik Versi QS WUR 2024!

Untuk saat ini, diketahui hanya ITB sebagai kampus terbaik versi QS WUR 2024 yang memiliki jurusan SAPPK di Indonesia.

5. Perencanaan Wilayah

Jurusan Perencanaan Wilayah membekali mahasiswa dengan keterampilan merencanakan penggunaan lahan, infrastruktur, dan pengembangan wilayah demi keberlanjutan dan tata ruang yang efisien.

Jurusan Perencanaan Wilayah ini dapat mempertimbangkan aspek sosial, politik, dan ekonomi dalam pembangunan kota.

BACA JUGA:10 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Murah di PTN Terbaik QS WUR 2024, Jurusanmu Termasuk?

Berikut rekomendasi kampus terbaik versi QS WUR 2024 dengan jurusan Perencanaan Wilayah, diantaranya ada UGM, UB, UNDIP, Universitas Islam Indonesia (UII), dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

6. Meteorologi

Jurusan Meteorologi memungkinkan mahasiswanya untuk belajar tentang bumi yang meliputi cuaca, iklim, dan fenomena atmosfer untuk memahami perubahan iklim, bencana alam, serta dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat.

Lulusan Meteorologi biasanya dapat bekerja di BMKG, BPPT, dan lembaga sains pemerintah maupun swasta lainnya.

BACA JUGA:Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Kampus TOP QS WUR 2024, Anak IPS Merapat!

Untuk rekomendasi kampus terbaik versi QS WUR 2024 dengan jurusan Meteorologi adalah ITB dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

7. Kartografi

Jurusan Kartografi pada umumnya berfokus dalam pembuatan peta, pemodelan data geografis, dan representasi visual dari informasi spasial untuk navigasi, pemetaan, dan analisis geografis.

Biasanya, lulusan Kartografi akan memiliki peluang kerja di berbagai instansi survei, industri, dan konsultasi.

BACA JUGA:7 Jurusan Kuliah yang Banyak Diincar Kementerian Keuangan, Ada di Kampus QS WUR 2024!

Hanya ada satu kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan Kartografi, yaitu UGM.

8. Geografi Lingkungan

Jurusan Geografi Lingkungan merupakan paduan ilmu geografi dan lingkungan yang mahasiswanya akan mempelajari dampak interkasi manusia dan lingkungan terhadap ekosistem dan bencana alam untuk mencari solusi berkelanjutan.

Rekomendasi kampus terbaik versi QS WUR 2024 dengan jurusan Geografi Lingkungan adalah UGM dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

BACA JUGA:4 Jurusan Soshum Tersulit Beserta Kampus Terbaik versi QS WUR 2023, Ada Jurusanmu di Sini?

9. Geografi Murni

Jurusan Geografi Murni mempelajari pola dan proses di permukaan bumi, termasuk iklim, vegetasi, topografi, dan hubungan antara manusia dengan lingkungan alam.

Lulusan Geografi Murni biasanya akan memiliki keterampilan dalam penerapan teknologi SIG dan dapat memberikan solusi penelitian.

Rekomendasi kampus terbaik versi QS WUR 2024 dengan jurusan Geografi Murni adalah UGM dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

BACA JUGA:5 Jurusan Paling Santai Tapi Cepat Lulus Kuliah, Ada di Kampus Terbaik QS WUR 2024 Lho!

10. Pariwisata

Jurusan Pariwisata mempelajari industri pariwisata, manajemen destinasi, promosi wisata, budaya, dan dampak sosial-ekonomi pariwisata terhadap masyarakat dan lingkungan.

Peluang kerja lulusan Pariwisata ini sangat beragam yang meliputi pemandu wisata, pengusaha akomodasi, manajer rekreasi, event organizer, dan berbagai industri kepariwisataan lainnya.

Ada beberapa rekomendasi perguruan tinggi versi QS WUR 2024 dengan jurusan pariwisata, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), dan beberapa politeknik negeri maupun swasta di Indonesia.

BACA JUGA:4 Kampus dengan Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia, Deretan TOP QS WUR 2024, Kampusmu Termasuk?

11. Pendidikan Geografi

Jurusan Pendidikan Geografi ini merupakan ilmu yang membekali calon guru dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengajarkan mata pelajaran geografi, termasuk pemahaman tentang lingkungan, wilayah, dan dinamika bumi kepada generasi mendatang.

Prospek kerjanya tidak hanya sebagai oengajar, melainkan bervariasi, seperti menjadi pengembang kurikulum geografi, peneliti dalam bidang pendidikan geografi, atau bekerja di lembaga-lembaga terkait pendidikan dan lingkungan.

Misalnya museum, pusat studi lingkungan, atau organisasi lain yang berfokus pada bidang geografi dan kesadaran lingkungan.

BACA JUGA:14 Kampus Miliki Program Kelas Internasional, PTN Terbaik QS WUR 2024 Buka Double Degree Terbanyak, Minat?

Ada beberapa rekomendasi kampus terbaik versi QS WUR 2024 dengan jurusan Pendidikan Geografi diantaranya ada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan Universitas Negeri Padang (UNP).

12. Kehutanan

Jurusan Kehutanan seperti namanya tentu akan mempelajari cara pengelolaan, konservasi, dan pemanfaatan sumber daya hutan serta ekosistem terkait untuk tujuan keberlanjutan, termasuk produksi kayu, pelestarian biodiversitas, dan pengelolaan lingkungan.

Untuk menempuh perkuliahan di jurusan ini, ada beberapa rekomendasi perguruan tinggi dengan jurusan kehutanan, yakni UGM, ITB, UB, UNHAS, dan USU.

BACA JUGA:Jurusan Kuliah Agroteknologi beserta Prospek Kerjanya, Ada di Kampus Terbaik Versi QS WUR 2024?

Demikian sejumlah jurusan yang cocok untuk pecinta geografi beserta kampusnya. Sebagai orang dengan kesukaan pada dunia geografi, apakah kamu berminat menempuh salah satu jurusan di atas?*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: